Bendera Merah Putih, Ini Beda Milik Indonesia dan Monako

  • Arry
  • 16 Agt 2021 17:41
Beda Bendera Merah Putih Indonesia dan Monako(GNFI/gnfi)

Perayaan HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia identik dengan pengibaran bendera Merah Putih dan pembacaan teks proklamasi.

Terkait dengan bendera Merah Putih, ternyata tak hanya Indonesia yang memakai bendera dengan warna merah dan putih. Bendera negara Monako juga berwarna merah dan putih.

Meski warna sama merah putih, tetapi ternyata ada bedanya lho. Ini perbedaannya:

Dimensi

Sebagaimana disebutkan dalam World Atlas, secara fisik, perbedaan yang dapat dilihat dari kedua bendera berwarna merah dan putih itu adalah dari dimensi rasionya.

Baca Juga:
Rilis This Is Indonesia, Atta Halilintar Gaet DJ Beauz

Bendera Indonesia memiliki perbandingan lebar dan panjang 2:3, sementara Bendera Monako memiliki perbandingan rasio 4:5.

Sehingga jika dilihat, bendera milik Indonesia terlihat lebih panjang dan ramping dibandingnkan dengam bendera Monako yang cenderung lebih melebar mendekati bentuk persegi.

Warna

Spot warna merah di bendera Indonesia dan Monako ternyata berbeda. Perbedaan spot warna ini harus diterapkan pada warna bendera kedua negara secara digital. Hal ini dibagi dengan penggunakan warna pada Pantone Matching System (PMS) dan CMYK Process (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black).

Melansir Flag Makers, untuk warna merah pada bendera Indonesia menggunakan PMS Red: 032. Sedangkan untuk warna merah pada bendera Monako menggunakan PMS Red: 032 C.

Atau jika mengikuti CMYK Process maka perpaduannya warna merahnya adalah 0 persen Cyan, 90 persen Magenta, 86 persen Yellow, dan 0 persen Black.

Makna

Lebih jauh, yang membedakan keduanya adalah makna yang dikandung oleh masing-masing bendera negara.

Merah dalam bendera Indonesia melambangkan warna darah yang menggambarkan keberanian bangsa dalam mengusir musuh selama masa penjajahan. Dan warna putih melambangkan kesucian hati bangsa dalam setiap tindakannya.

Sementara itu, warna merah dan putih dalam Bendera Monako merupakan warna yang sangat identik dengan House of Grimaldi. Grimaldi adalah sebuah dinasti yang berperan dalam sejarah berdirinya negara berpenduduk sekitar 40.000 jiwa itu.

Merah dan putih diklaim mencerminkan nilai-nilai positif seorang manusia. Merah digunakan untuk mengasosiasikan daging dalam tubuh manusia, sedangkan putih diartikan sebagai kemurnian dalam berkehidupan spiritual.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait