[BREAKING NEWS] Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP!

  • Arry
  • 6 Agt 2021 01:58
Valentino Rossi(motogp/motogp.com)

Valentino Rossi mengumumkan pamit dari lintasan MotoGP. Pebalap asal Italia itu akan mengakhiri balapan di akhir musim 2021, atau saat kontraknya dengan Yamaha berakhir.

"Saya sudah memutuskan untuk berhenti di akhir musim ini. Jadi sayangnya ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pembalap MotoGP. Itu sulit," kata Rossi, seperti dikutip Crash, Jumat, 6 Agustus 2021.

Pengumuman ini disampaikan Rossi ketika bersiap menghadapi balapan seri ke-10 musim ini di Austria.

"Ini momen yang menyedihkan, karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan melakukannya. balapan dengan sepeda motor."

"Saya sudah melakukan ini selama kurang lebih 30 tahun! Jadi tahun depan hidup saya akan berubah, tapi bagaimanapun itu luar biasa. Saya sangat menikmatinya."

"Itu adalah perjalanan yang sangat panjang. Benar-benar lucu. 25-26 tahun dalam kejuaraan dunia."

"Dalam semua olahraga hasil membuat perbedaan, jadi pada akhirnya itu cara yang benar. Saya memiliki kesempatan untuk membalap untuk tim saya di MotoGP bersama dengan saudara, sesuatu yang pasti saya suka. Tapi bagaimanapun tidak apa-apa seperti ini juga, saya pikir. Saya tak akan mengeluh tentang karier saya!"

Valentino Rossi merupakan salah sosok tersukses di arena balap. Ia merupakan Juara Dunia sembilan kali, termasuk tujuh kali di arena MotoGP. Ia sudah menjalani 400 balapan, meraih 115 kemenangan dan 235 podium dalam 25 tahun penampilannya.

Musim ini, ia membela tim Petronas Yamaha SRT dan menjalani musim terberat dalam kariernya. Pembalap Italia itu hanya menorehkan satu finis peringkat sepuluh besar di Mugello, Italia.

Sebagai pembalap paling senior di grid MotoGP, Rossi menjadi satu-satunya pembalap dalam sejarah yang memenangkan kelas 125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP.

Pembalap berusia 42 tahun itu kini memiliki tim balap sendiri, VR46, yang akan meramaikan gelaran kelas premier pada 2022.

Statistik Valentino Rossi di kelas premier seperti dilansir laman resmi MotoGP:
Titel juara dunia: 7
Debut Grand Prix: Afrika Selatan, 2000
Podium pertama: Grand Prix Spanyol, 2000, P3
Kemenangan pertama: Grand Prix Britania 2000
Total finis podium: 199
Pole position: 55
Juara grand prix: 89
Runner-up grand prix: 61
Peringkat tiga grand prix: 49
Rekor lap tercepat: 76.
Statistik Valentino Rossi di MotoGP musim ini:
Tampil: 9 kali
Gagal finis: 3 kali
Finis di 10 besar: 1 kali (Italia)
Posisi klasemen: 19 (17 poin).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait