5 Fakta Unik Usai Italia Gagal Lolos Piala Dunia: Ada Kutukan Juara Piala Eropa

  • Arry
  • 25 Mar 2022 09:28
Hasil Playoff Piala Dunia Zona Eropa: Italia vs Macedonia Utara 0-1, kekalahan ini memastikan Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar(@fifaworldcup/twitter)

Italia gagal merebut tiket Piala Dunia 2022 Qatar usai ditaklukkan Macedonia Utara di semifinal playoff Zona Eropa. Kekalahan ini menjadi catatan terburuk dalam sejarah sepak bola Italia.

Bertanding di Stadio Renzo Barbera pada Jumat, 25 Maret 2022 dini hari WIB, Italia takluk dari tamunya Macedonia Utara dengan skor 0-1. Gol tunggal kemenangan Macedonia Utara dicetak Aleksandar Trajkovski di menit 90+2.

Dengan hasil ini, Gli Azzurri dipastikan tidak lolos Piala Dunia 2022 di Qatar. Kegagalan ini menjadi yang kedua dialami Italia berturut-turut gagal melaju ke Piala Dunia. Pada 2018, Italia juga gagal lolos ke Piala Dunia Rusia.

Ada lima catatan penting dari Squawka usai kekalahan Italia tas Macedonia Utara. Berikut catatannya:

1. Rekor Terburuk

Squawka mencatat, ini pertama kalinya Italia kalah dalam kualifikasi Piala Dunia di kandang. Dan ini pertama kalinya terjadi selama sejarah Gli Azzurri.


2. Dua Kali Gagal Lolos Piala Dunia Berturut-turut

Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia untuk kedua kalinya berturut-turut. Pada 2018, Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Dan empat tahun kemudian, Italia kembali gagal lolos ke Piala Dunia yang akan digelar di Qatar. Ini menjadi catatan terburuk dalam sejarah sepakbola Italia.


3. Kekalahan Keempat Italia di Era Roberto Mancini

Selama dilatih Roberto Mancini, Italia hanya empat kali mengalami kekalahan. Gli Azzurri juga sempat mencetak rekor 37 kali bertanding tanpa kalah.

Empat kekalahan yang diterima skuat Italia:
1. Juni 2018: Prancis vs Italia 3-1
2. September 2018: Portugal vs Italia 1-0
3. Oktober 2021: Italia vs Spanyol 1-2
4. Maret 2022: Italia vs Macedonia Utara 0-1


Selanjutnya Kutukan Juara Piala Eropa >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait