Fakta Unik Piala Dunia Qatar 2022: Termahal, Stadion Bongkar Pasang, Pakai AC

  • Arry
  • 20 Nov 2022 09:55
FIFA World Cup Qatar 2022(fifa world cup/twitter)

Piala Dunia Qatar 2022 resmi digelar Minggu, 20 November 2022, malam nanti. Sejumlah deretan fakta unik membuat turnamen sepakbola terbesar di planet ini berbeda dibanding turnamen edisi sebelumnya.

Sebanyak 32 negara bakal bersaing untuk menjadi yang terbaik di planet ini mulai 20 November 2022 hingga 18 November 2022. Prancis datang sebagai jaura bertahan Piala Dunia pada edisi sebelumnya.

Piala Dunia Qatar 2022 akan dibuka dengan pertandingan Qatar vs Ekuador. Pertandingan pertama digelar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu, 20 November 2022. Kick Off dimulai pukul 23.00.

Sebelum pertandingan pertama dimulai, berikut fakta-fakta unik Piala Dunia Qatar 2022:

1. Piala Dunia termahal

Piala Dunia Qatar 2022 adalah seri piala dunia termahal dari edisi sebelumnya. Qatar diperkirakan merogoh US$ 200 miliar untuk proyek piala dunia kali ini.

Proyek itu mulai dari pembangunan stadion, jalan, hotel, dan sebagainya. Hal inilah yang menyebabkan Piala Dunia Qatar 2022 menjadi salah satu kompetisi sepak bola termahal dalam sejarah.

2. Turnamen Terpendek

Piala Dunia Qatar 2022 akan menjadi turnamen terpendek. Dari pertandingan pertama hingga babak final hanya berlangsung 29 hari. Ini menjadi piala dunia terpendek sejak edisi Argentina 1978.

Pada edisi sebelumnya, Piala Dunia biasanya berlangsung antara 30-35 hari.

Piala Dunia edisi kali ini bahkan berlangsung marathon 29 hari tanpa jeda. Jarak antara tiap babak pun nyaris tidak ada.

3. Piala Dunia pertama digelar di musim dingin

Piala Dunia Qatar 2022 adalah seri perdana turnamen ini yang digelar di musim dingin atau November hingga Desember. Biasanya Piala Dunia digelar pada musim panas atau bulan Juni hingga Juli.

Hal ini dilakukan karena faktor cuaca di Qatar yang tak memungkinkan Piala Dunia digelar di musim panas. Pada bulan Jui hingga Juli, suhu di Qatar bisa mencapai 40 hingga 50 derajat.

4. Stadion sekali pakai

Fakta unik lainnya adalah jarak antarstadion di Qatar cukup dekat. Piala Dunia Qatar 2022 hanya akan menggunakan delapan stadion yang memiliki radius hanya 60 kilometer saja. Bahkan penonton bisa datang dari satu stadion ke stadion lain hanya maksimal 90 menit saja.

Dari delapan stadion yang dipakai, tujuh dianataranya adalah stadion yang baru dibangun dari awal. Uniknya, bangku penonton di tujuh stadion ini pun akan dibongkar usai perhelatan akbar ini digelar.

Sedangkan Stadion 974, yang terbuat dari kontainer pengiriaman, akan dibongkar seluruhnya.

5. Stadion dilengkapi AC

Fakta unik selanjutnya, Qatar telah melengkapi seluruh stadion yang dipakai dengan AC yang terpusat. Hal ini untuk mengantisipasi tingginya suhu udara di negara yang berada di Timur Tengah itu.

Penggunaan AC ini tak hanya akan memberikan penonton nyaman di stadion, tetapi juga akan membuat para pemain dapat memperlihatkan permainanya dengan maksimal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait