Piala Dunia 2022: Ekuador Menangi Laga Pembuka, Qatar Jadi yang Terburuk

  • Arry
  • 21 Nov 2022 06:03
Piala Dunia 2022: Qatar vs Ekuador 0-2, Enner Valencia menjadi bintang dengan memborong dua gol(@fifaworldcup/twitter)

Laga pembuka Piala Dunia 2022 antara Qatar vs Ekuador dimenangi tim tamu. Ekuador menang 2-0 atas Qatar. Pertandingan ini diwarnai dengan drama VAR.

Duel Qatar vs Ekuador digelar di Al Bayt Stadium, Minggu, 20 November 2022 malam WIB. Enner Valencia menjadi bintang dengan memborong semua gol Ekuador.

Pertandingan baru berjalan tiga menit, Ekuador sudah berhasil menjebol gawang Qatar lewat sundulan Enner Valecia. Namun, gol tersebut dianulir usai VAR menyatakan gol tersebut berbau offside.

Ekuador langsung kembali menekan Qatar usai gol yang dianulir tersebut. Sementara Qatar gagal mengembangkan permainan mereka.

Terus menerus menekan, Enner Valencia kembali menjebol gawang Qatar. Gol yang tercipta di menit ke-16 berasal dari titik penalti usai Valencia dijegal kiper Saad Abdullah Al Sheeb.

Valencia yang menjadi algojo sukses menjebol gawang Qatar. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Ekuador.

Unggul satu gol, Ekuador terus menekan Qatar. Bahkan wakil dari Amerika Latin itu memaksa Tuan Rumah hanya bermain di sepertiga lapangan mereka.

Di menit ke-32, Ekuador menambah koleksi gol. Valencia kembali menjadi aktor dalam gol tersebut usai menerima umpan dari Angelo Preciado.

    Piala Dunia 2022: Qatar vs Ekuador 0-2, Enner Valencia menjadi bintang dengan memborong dua gol

Hingga babak pertama usai, tidak ada tambahan gol dari kedua tim.

Pada babak kedua, pertandingan berjalan ketat. Qatar mulai bisa mengembangkan pertandingan. Sedangkan permainan Ekuador justru menurun atau hanya ingin mempertahankan keunggulan mereka saja.

Pada menit ke-61, Qatar nyaris memperkecil ketertinggalan. Namun, sundulan Pedro Miguel meleset dari target.

Di menit ke-74, peluang Qatar juga gagal saat tendangan Akram Afif hanya melayang di atas mistar gawang.

Hingga pertandingan usai, duel Qatar vs Ekuador berakhir dengan skor 0-2.

    Piala Dunia 2022: Qatar vs Ekuador 0-2, Enner Valencia menjadi bintang dengan memborong dua gol

Hasil tersebut membuat Qatar menjadi tim terburuk. Karena menjadi tuan rumah pertama yang kalah pada laga awal Piala Dunia. Lebih buruknya lagi, Qatar gagal melepaskan tembakan ke arah gawang.

"Mungkin suasana membebani kami. Sangat sulit bagi kami untuk berkompromi dan lawan jelas berhasil mengalahkan kami. Ekuador adalah tim hebat yang mengungguli kami dalam semua aspek permainan," kata pelatih Qatar Felix Sanchez selepas laga.

"Kami akan belajar dari ini, saya sangat yakin. Sekarang harus mengangkat kepala kami dan mencoba untuk pulih," sambungnya.

Kemenangan atas Qatar inimembuat membuat Ekuador sementara memimpin Grup A dengan tiga poin. Sedangkan Qatar berada di posisi juru kunci. Dua tim lainnya yakni Belanda dan Senegal baru akan bertanding hari ini, Senin, 21 November 2022.


Susunan Pemain:

Qatar: Al Sheeb; Khouki, Hisham, Hassan; Miguel, Hatem, Al Heidos (Waad 72'), Boudiaf, Ahmed; Afif, Ali (Muntari 72').

Ekuador: Galindez; Preciado, Torres, Hincapie, Estupinan; Ibarra (Sarmiento 68'), Plata, Caicedo (Franco 90'), Mendez; Estrada (Rodriguez 90'), Valencia (Cifuentes 77').

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait