Piala Dunia 2022: Ronaldo Cetak Rekor Saat Portugal Ungguli Ghana

  • Arry
  • 25 Nov 2022 05:53
Piala Dunia 2022: Portugal vs Ghana 3-2, Cristiano Ronaldo mencetak satu gol dan membuat rekor menjadi manusia pertama yang membuat gol di 5 edisi Piala Dunia(@fifaworldcup/twitter)

Hasil Piala Dunia 2022, Portugal berhasil mengalahkan Ghana dalam pertarungan yang sengit 3-2. Pertandingan ini juga diwarnai dengan raihan rekor yang dicetak Cristiano Ronaldo.

Duel Portugal vs Ghana pada laga pertama Grup H Piala Dunia 2022 digelar di Stadium 947, Kamis, 24 November 2022 malam WIB. Lima gol yang tercipta terjadi di babak kedua.

Portugal yang mengandalkan trio Bernardo Silva, Joao Felix, dan Cristiano Ronaldo tampil agresif sejak babak pertama dimulai. Pada menit ke-10, Ronaldo mendapat peluang pertama. Namun sepakannya diadang dengan baik oleh kiper Ghana, Lawrence Ati-Zigi.

Ronaldo kembali mendapat peluang tiga menit berselang. Sayangnya, sundulannya elebar dari gawang.

Baca juga
Piala Dunia 2022: Embolo Bawa Swiss Ungguli Kamerun, Uruguay vs Korea Selatan 0-0

Pada menit ke-31 Ronaldo berhasil mencetak gol ke gawang Ghana usai meneruskan umpan Joao Felix. Namun, gol tersebut dianulir lantaran bekas pemain Manchester United itu dianggap melakukan pelanggaran terlebih dahulu.

Hingga babak pertama usai, tak ada lagi peluang emas tercipta dari kedua tim. Skor Portugal vs Ghana masih 0-0.

Pada babak kedua, Portugal masih mendominasi permainan. Namun, Ghana sempat membuat peluang saat Mohammed Kudus nyaris membuat gol indah ke gawang Portugal.

    Piala Dunia 2022: Portugal vs Ghana 3-2, Cristiano Ronaldo mencetak satu gol dan membuat rekor menjadi manusia pertama yang membuat gol di 5 edisi Piala Dunia

Di menit ke-65, Portugal mendapat hadiah penalti. Hukuman ini diberikan lantaran pemain Ghana Mohammed Salisu menjatuhkan Ronaldo di kotak terlarang. Pelanggaran ini sempat ditinjau VAR sebelum dinyatakan penalti.

Ronaldo yang menjadi algojo sukses menjebol gawang Ati-Zigi. Ini menjadi rekor bagi Ronaldo karena selalu mencetak gol di 5 edisi Piala Dunia.

Delapan menit berselang, Ghana berhasil menayamakan skor menjadi 1-1. Umpan ciamik Kudus langsung diteruskan Andre Ayew ke gawang Diogo Costa.

    Piala Dunia 2022: Portugal vs Ghana 3-2, Andre Ayew mencetak satu gol untuk Ghana

Portugal kemudian merombak permainan dengan melakukan pergantian pemain. Hasilnya, mereka kembali mencetak gol. Kali ini melalui kaki Joao Felix yang memanfaatkan operan Bruno Fernandes.

Portugal menggandakan keunggulan di menit ke-80 lewat Rafael Leao. Umpan ciamik Fernandes mampu dimanfaatkan Leao untuk menjebol gawang Ghana.

Portugal lengah. Di menit ke-88, Ghana menambah gol untuk memperkecil ketertinggalan Gol dicetak Osman Bukari.

Usai skor menjadi 3-2, pertandingan berlangsung sengit. Ghana yang terus berupaya menyamakan kedudukan nyaris melakukannya di menit terakhir. Namun, peluang dihalau lini pertahanan Portugal.

Hingga akhir pertandingan, skor Portugal vs Ghana tetap bertahan 3-2.

Hasil ini membuat Portugal memuncaki klasemen sementara Grup H dengan mengoleksi 3 angka. Di bawahnya ada Korea Selatan dan Uruguay yang meraih 1 poin. Sementara di posisi terbawah ditempati Ghana.

Uruguay dan Korea Selatan sebelumnya bermain imbang tanpa gol alias 0-0.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait