Piala Dunia 2022: Rashford Bawa Inggris ke 16 Besar, Amerika Serikat Sepak Iran

  • Arry
  • 30 Nov 2022 06:19
Hasil Piala Dunia 2022: Wales vs Inggris 0-3, Marcus Rashford jadi bintang kemenangan The Three Lions saat mencetak brace dua gol(fifa world cup/fifa.com)

Timnas Inggris dan Amerika Serikat akhirnya menyegel tiket 16 Besar Piala Dunia 2022. Kepastian itu didapat usai Inggris mengalahkan Wales dan Amerika Serikat menyikat Iran.

Duel Wales vs Inggris digelar di Ahmad Bin Ali Stadium, Ar-Rayyan, Rabu, 30 November 2022, dini hari WIB. Marcus Rashford menjadi bintang kemenangan The Three Lions saat mencetak brace alias dua gol.

Inggris langsung tampil dominan sejak pertandingan dimulai. Di menit ke-9 Rashford langsung menebar ancaman bagi Wales. Namun, tembakannya ditepis kiper Ward.

Berulang kali peluang yang tercipta, gagal dimanfaatkan pemain Inggris. Sebaliknya, Wales mengalami kesulitan menembus pertahanan Tiga Singa. Babak pertama usai dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Rashford akhirnya membuka keran gol bagi Inggris. Tendangan bebas penyerang Manchester United itu menembus pojok kanan gawang Wales. Skor Wales vs Inggris 0-1.

Hasil Piala Dunia 2022: Wales vs Inggris 0-3

Satu menit berselang, Phil Foden menggandakan keunggulan The Three Lions. Dan pada menit ke-68, Rashford kembali mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Timnas Inggris unggul 3-0 atas Wales.

Rashford nyaris mencetak hattrick empat menit kemudian. Namun, tendangan Rashford berhasil diselamatkan Ward.

Hingga pertandingan usai, duel Wales vs Inggris berakhir dengan skor 0-3.

Inggris pun berhak lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022 dengan menjadi juara Grup B. Inggris mengoleksi nilai 7 dari tiga pertandingan. Sedangkan Wales jadi juru kunci dengan nilai 1.

Di pertandingan lain, Amerika Serikat menyingkirkan Iran dari Piala Dunia usai meraih kemenangan tipis 1-0. Duel Iran vs Amerika Serikat digelar di Al Thumama Stadium, Doha, Rabu, 30 November 2022.

Iran dan Amerika Serikat tampil dengan tempo cepat di awal laga. Peluang pertama diraih Christian Pulisic di menit ke-11. Namun, Beiranvand sigap mengakankan gawang Iran.

Pertahanan ketat dari Iran dan Amerika Serikat membuat kedua tim kesulitan mencetak gol hingga pertengahan babak pertama.

Pada menit ke-40, Pulisic memecah kebuntuan. Pemain Chelsea itu berhasil merobek jala Iran usai memanfaatkan umpan dari Sergino Dest. Iran vs Amerika Serikat 0-1.

    Piala Dunia 2022: Iran vs Amerika Serikat 0-1, Christian Pulisic mencetak gol tunggal kemenangan Amerika

Di penghujung babak pertama, Timothy Weah berhasil menggandakan keunggulan Amerika. Namun, gol dari putra legenda Liberia George Weah itu dianulir lantaran dia sudah offside terlebih dahulu. Hingga babak pertama usai, tak ada tambahan gol dari kedua tim.

Di babak kedua, Iran meningkatkan serangan untuk menyamakan kedudukan. Namun berulang kali pemain-pemain Iran gagal menembus gawang Amerika Serikat.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga pertandingan usai. Amerika memastikan lolos ke 16 Besar sebagai runner up Grup B.

Hasil Grup B Piala Dunia

Wales vs Inggris 0-3
(Marcus Rashford 50', 68', Phil Foden 51')

Iran vs Amerika Serikat 0-1
(Christian Pulisic 38')

Klasemen Grup B Piala Dunia

Klasemen Grup B Piala Dunia 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait