Grup F Piala Dunia 2022: Kroasia Tendang Belgia, Maroko Segel Tiket 16 Besar

  • Arry
  • 2 Des 2022 01:19
Piala Dunia 2022: Kroasia vs Belgia 0-0. Hasil ini membuat Kroasia lolos ke 16 besar sebagai runner up Grup F. Sementara Belgia resmi tersingkir dari Qatar(fifa/fifa.com)

Tuntas laga terakhir Grup F Piala Dunia 2022. Kroasia vs Belgia berakhir imbang 0-0. Sementara Kanada vs Maroko berakhir dengan skor 1-2. Hasil ini membuat Maroko dan Kroasia lolos ke 16 Besar. Sementara Belgia tersingkir.

Duel Kroasia vs Belgia digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Kamis, 1 Desember 2022, malam WIB. Kroasia butuh hasil imbang sedangkan Belgia butuh kemenangan untuk lolos ke 16 Besar.

Pertandingan dimulai dengan tensi tinggi. Kedua tim langsung jual beli serangan.

Pada menit ke-15 terjadi insiden di kotak penalti Belgia. Hal ini bermula dari skema tendangan bebas dari kanan pertahanan Belgia.

Kemelut kemudian terjadi. Striker Kroasia, Kramaric terjatuh dijegal Carrasco. Wasit Anthony Taylor langsung menunjuk titik putih. Luka Modric menjadi algojo dan siap menghadapi Thibaut Courtouis.

Namun, wasit kemudian memutuskan mengecek VAR karena ada dugaan offside. Setelah mengecek video VAR, wasit membatalkan hukuman penalti sebab Dejan Lovren offside terlebih dahulu.

Usai insiden itu, tak ada peluang yang mampu dimanfaatkan menjadi gol. Babak pertama usai dengan skor 0-0.

Pada babak kedua, Belgia meningkatkan tempo serangan. Di menit ke-60, Carrasco berhasil mengancam gawang Kroasia. Namun sepakannya ditepus Livakovic. Bola liar jatuh di kaki Romelu Lukaku. Tapi sepakannya malah kena tiang.

Lukaku kembali mendapat peluang emas satu menit berselang. Tapi kini bola yang disundul penyerang Inter Milan itu melambung di atas gawang.

    Piala Dunia 2022: Kroasia vs Belgia 0-0. Hasil ini membuat Kroasia lolos ke 16 besar sebagai runner up Grup F. Sementara Belgia resmi tersingkir dari Qatar

Pada menit-menit akhir babak kedua, Lukaku nyaris menjebol gawang Kroasia. Namun, sontekannya berhasil dihalau bek tengah Gvardiol.

Babak kedua Kroasia vs Belgia berakhir dengan skor 0-0.

Hasil ini membawa Kroasia lolos ke 16 Besar sebagai runner up Grup F. Sementara Belgia tersingkir, sebab di pertandingan lain yang digelar bersamaan, Maroko berhasil mengalahkan Kanada 2-1.

Duel Kanada vs Maroko digelar di Al Thumama Stadium, Kamis, 1 Desember 2022 malam WIB.

Maroko langsung unggul cepat saat pertandingan baru berjalan 4 menit. Kiper Kanada, Mlan Borjan melakukan blunder saat hendak memberikan umpan ke temannya. Bola justru mengarah ke kaki Hakim Ziyech.

Winger Chelsea itu langsung melepas tembakan terukur ke gawang Kanada yang sudah ditinggalkan kiper Borjan. Kanada vs Maroko 0-1.

    Piala Dunia 2022: Kanada vs Maroko 1-2. Kemenangan ini membawa Maroko lolos ke 16 Besar Piala Dunia sebagai juara Grup F

Maroko kembali menggandakan keunggulan pada menit ke-23. Kali ini giliran Youssef En-Nesyri yang menjebol gawang Kanada usai menerima umpan Achraf Hakimi. Kanada vs Maroko 0-2.

Kanada yang sudah dipastikan tersingkir, masih berupaya membalas ketertinggalan. Upaya mereka berhasil.

Bek Maroko, Nayef Aguerd, melakukan kesalahan saat mencoba memotong umpan silang. Bola justru masuk ke gawang sendiri. Skor Kanada vs Maroko menjadi 1-2.

Di babak kedua, Kanada lebih dominan dalam menguasai bola. Sementara Maroko lebih mengamankan keunggulan satu gol atas Kanada dengan bermain lebih bertahan.

Taktik ini berhasil. Hingga pertandingan usai, skor Kanada vs Maroko tetap bertahan 1-2.

    Piala Dunia 2022: Kanada vs Maroko 1-2. Pemain Maroko merayakan kemenangan sekaligus lolosnya mereka ke 16 Besar Piala Dunia

Kemenangan ini membuat Maroko menjadi juara grup F dengan mengoleksi 7 poin. Maroko berhak menyegel tiket 16 Besar Piala Dunia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait