Grup E Piala Dunia: Jepang Juara, Spanyol Kalah, Jerman Menang tapi Tersingkir

  • Arry
  • 2 Des 2022 05:38
Piala Dunia 2022: Jepang vs Spanyol 2-1, Tim Samurai Biru menang dramatis atas Tim Matador. Jepang menjadi juara Grup E dan lolos ke 16 Besar(@fifaworldcup/twitter)

Drama terjadi dalam perebutan tiket 16 Besar dari Grup E Piala Dunia 2022. Jepang berhasil menjadi juara grup. Sedangkan Spanyol yang kalah dari Jepang menjadi runner up dan tetap lolos ke 16 Besar. Sementara Jerman kandas.

Laga ketiga Grup E digelar serentak. Duel Jepang vs Spanyol digelar di Khalifa Stadium dan Kosta Rika vs Jerman di Al Bayt pada Jumat, 2 Desember 2022, dini hari WIB.

Pertandingan Jepang vs Spanyol tersaji penuh drama. Tim Samurai Biru pun menang dramatis usai tertinggal terlebih dahulu. Jepang akhirnya menang 2-1 atas Spanyol.

Jepang dan Spanyol bermain atraktif sejak peluit babak pertama dibunyikan. Namun, Spanyol yang berhasil mencuri gol terlebih dahulu melalui Alvaro Morata di menit ke-11. Jepang vs Spanyol 1-0.

Baca juga
Piala Dunia 2022: Tunisia Menang Atas Prancis tapi Tak Lolos, Australia ke 16 Besar

Jepang berupaya menyamakan kedudukan di babak pertama. Namun usaha tersebut gagal. Hingga babak pertama usai, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

Di babak kedua, Jepang tampil lebih berani lagi. Pada menit ke-48, Jepang memecah kebuntuan saat Ritsu Doan menjebol gawang Unai Simon. Tembakan keras Ritsu Doan menghujam keras ke gawang Spanyol. Jepang vs Spanyol 1-1.

Tiga menit berselang, Jepang berbalik unggul. Ao Tanaka berhasil mencetak gol usai menerima umpan dari Kaoru Mitoma.

Gol ini berbau kontroversial. Sebab, sebelum Mitoma mengoper ke Tanaka, bola terlihat sudah keluar lapangan. Namun setelah dilihat melalui tayangan VAR, bola tersebut belum 100 persen keluar lapangan. Jepang vs Spanyol 2-1.

    Proses gol Jepang yang dianggap bola telah keluar sebelum Jepang mencetak gol

Tertinggal satu gol, Spanyol langsung tampil menyerang. Apalagi tersiar kabar di pertandingan lain Kosta Rika sedang unggul 2-1 atas Jerman. Jika hasil ini terus berlanjut, maka Spanyol akan tersingkir.

Namun, perjuangan Spanyol mulai mengendur saat mengetahui kabar Jerman sudah mengunggui Kosta Rika. Sebab, dengan kondisi seperti ini, Spanyol akan tetap lolos untuk mendampingi Jepang.

    Piala Dunia 2022: Jepang vs Spanyol 2-1, Tim Samurai Biru menang dramatis atas Tim Matador. Jepang menjadi juara Grup E dan lolos ke 16 Besar

Hingga pertandingan usai, duel Jepang vs Spanyol berakhir dengan skor 2-1. Jepang pun menjadi juara Grup F dengan nilai 6. Sementara Spanyol menjadi runner up dengan mengoleksi 4 poin.

Di pertandingan lain yang digelar bersamaan, Jerman berhasil menang dramatis 4-2 atas Kosta Rika. Der Panzer tampil menekan sejak awal.

Serge Gnabry berhasil membawa Jerman unggul saat pertandingan berusia 10 menit. Pemain Bayern Munchen itu menyambut umpan yang dilepaskan David Raum dan menyundul bola ke sudut gawang Kosta rika yang dikawal Keylor Navas. Kosta Rika vs Jerman 0-1.

    Piala Dunia 2022: Kosta Rika vs Jerman 2-4, Der Panzer menang dramatis namun Jerman gagal lolos 16 Besar Piala Dunia

Empat menit berselang, Leon Goretzka nyaris menggandakan keunggulan Jerman. Dan pada menit ke-35, tembakan Joshua Kimmich juga berhasil digagalkan Navas.

Hingga babak pertama usai, skor duel Kosta rika vs Jerman tetap 0-1.

Kosta Rika bangkit di babak kedua. Di menit ke-58, Kosta Rika menyamakan kedudukan usai Yeltsin Tejeda memanfaatkan kemelut yang terjadi di kotak penalti. Kosta Rika vs Jerman 1-1.

Pada menit ke-70, Kosta Rika berbalik unggul. Bermula dari skema tendangan bebas, terjadi kemelut di kotak penalti Jerman. Juan Pablo Vargas memanfaatkan peluang yang ada dan mengirim bola masuk ke gawang Neuer. Kosta Rika vs Jerman 2-1.

Namun Jerman tak mau dipermalukan. Mereka kemudian bangkit dan mencetak tiga gol beruntun. Pada menit ke-73, pemain pengganti Kai Havertz mencetak gol penyeimbang.

Jerman kemudian berbalik unggul di menit ke-85 saat Havertz kembali mencetak gol untuk kedua kalinya. Dan Niclas Fullkrug ikut mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Jerman unggul 4-2 atas Kosta Rika.

    Klasemen Grup E Piala Dunia

Kemenangan yang diraih Jerman ini belum mampu membuat Der Panzer lolos ke 16 Besar Piala Dunia. Meski meraih nilai sama dengan Spanyol yakni 4 poin, Jerman tersingkir lantaran memiliki perbedaan gol lebih sedikit dibanding Tim Matador.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait