Piala Dunia 2022: Tunisia Menang Atas Prancis tapi Tak Lolos, Australia ke 16 Besar

  • Arry
  • 1 Des 2022 09:06
Piala Dunia 2022: Tunisia vs Prancis 1-0. Kemenangan Tunisia tak menggoyahkan Prancis lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022(@equiedefrance/twitter)

Timnas Tunisia sukses mengalahkan Prancis dalam laga terakhir Grup D Piala Dunia 2022. Namun Elang Cartagena tetap gagal lolos ke 16 Besar. Tiket perdelapanfinal justru digenggam Australia yang mengalahkan Denmark.

Duel Tunisia vs Prancis digelar di Education City Stadium, Rabu, 30 November 2022 malam WIB. Gol kemenangan Tunisia dicetak Wahbi Khazri di menit ke-58.

Prancis yang sudah dipastikan lolos ke 16 Besar, bertanding dengan mengistirahatkan sembilan pemainnya. Sebaliknya Tunisia tampil dengan kekuatan penuh demi lolos ke 16 Besar.

Tamil agresif sejak menit pertama, Tnusia berhasil menjebol gawang Prancis di menit ke-8 lewat Nader Ghandri. Sayang, gol tersebut dianulir lantaran Ghandri dalam posisi offside sebelum mencetak gol.

    Piala Dunia 2022: Tunisia vs Prancis 1-0. Kemenangan Tunisia tak menggoyahkan Prancis lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Tunisia terus menggempur pertahanan Prancis. Namun, pertahanan ketat Les Blues selalu menggagalkan peluang yang dihasilkan Tunisia. Babak pertama usai dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Tunisia kembali mengambil kendali permainan. Usaha mereka akhirnya menemui hasil di menit ke-58. Wahbi Khazri berhasil membobol gawang Prancis yang dikawal Mandanda. Tunisia vs Prancis 1-0.

Usai tertinggal, Prancis bangkit. Didier Deschamps mulai memasukkan beberapa pemain andalannya seperti Kylian Mbappe, Antoine Griezman, hingga Ousmane Dembele.

Di 10 menit terakhir, Prancis mendapat dua peluang emas melalui Dembele dan Mbappe. Sayang peluang mereka masih kandas. Pada masa injury time, Prancis akhirnya berhasil menjebol gawang Tunisia lewat Griezmann.

Namun, gol tersebut dibatalkan. Sebab, Pemain Atletico Madrid itu terjebak offside sebelum mencetak gol. HIngga pertandingan usai, Tunisia tetap unggul 1-0 atas Prancis.

    Piala Dunia 2022: Tunisia vs Prancis 1-0. Kemenangan Tunisia tak menggoyahkan Prancis lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Kemenangan bagi Tunisia ini ternyata belum mampu meloloskan mereka ke 16 Besar. Sebab, di waktu bersamaan, Australia sukses mengalahkan Denmark dengan skor 1-0. Sehingga Socceroos lebih berhak lolos ke 16 Besar Piala Dunia.

Duel Australia vs Denmark tersaji di Al Janoub Stadium, Rabu, 30 November 2022. Australia dan Denmark sama-sama mengusung kemenangan demi lolos ke 16 Besar.

Pada babak pertama, Australia dan Denmark gagal mencetak gol. Pertandingan babak pertama rampung dengan skor 0-0.

    Piala Dunia 2022: Australia vs Denmark 1-0, kemenangan ini membawa Socceroos menyegel tiket 16 Besar Piala Dunia

Di babak kedua, Australia akhirnya berhasil mencuri gol di menit ke-60. Mathew Leckie mencatatkan namanya di papan skor. Australia sementara unggul 1-0 atas Denmark.

Tim Dinamit sempat memperoleh asa menyamakan kedudukan di menit ke-71 saat mendapatkan hadiah penalti saat Kasper Dolberg dijatuhkan pemain Australia. Namun, keputusan itu sebab, Dolberg sudah offside terlebih dahulu sebelum dijatuhkan.

Hingga pertandingan Australia vs Denmark usai, skor tetap bertahan 1-0.

    Piala Dunia 2022: Australia vs Denmark 1-0, kemenangan ini membawa Socceroos menyegel tiket 16 Besar Piala Dunia

Hasil dari dua pertandingan ini mengukuhkan Prancis di urutan pertama klasemen Grup D dengan mengoleksi 6 poin. Australia di tempat kedua dengan nilai sama yakni 6. Prancis berhak menjadi juara grup lantaran unggul selisih gol atas Denmark.

Sedangkan di posisi ketiga dan keempat ditempati Tunisia dan Denmark. Masing-masing mengoleksi 4 angka dan 1 angka.

Hasil ini pun menempatkan Denmark lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022. Sedangkan Prancis sudah dipastikan lolos terlebih dahulu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait