Wasit Jepang Araki Yusuke Pimpin Duel Vietnam vs Indonesia, Tuan Rumah Cemas

  • Arry
  • 9 Jan 2023 17:23
Hasil Leg I Semifinal Piala AFF Indonesia vs Vietnam 0-0 di Stadion Gelora Bung Karno(humas/pssi.org)

Wasit asal Jepang, Araki Yusuke, akan memimpin leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Indonesia. Tuan rumah memiliki pengalaman pahit dengan kepemimpinan wasit Araki ini.

Duel Vietnam vs Indonesia digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin, 9 Januari 2023. Kick off diulai pukul 19.30 WIB.

Wasit Araki Yusuke akan dibantu dua asisten yang juga berasal dari Jepang. Mereka adalah Watanabe Kota dan Hamamoto Yusuke. Keduanya akan bertindak sebagai hakim garis.

Media Vietnam Bongdaplus mengkhawatirkan soal kepemipinan wasit Araki. Sebab, mereka pernah dirugikan dengan keputusan Araki pada ajang Piala Asia U-23 pada 2022.

Baca juga
Jadwal Leg 2 Semifinal Piala AFF Vietnam vs Indonesia: Peluang Terakhir Menuju Final

"Sebelumnya, wasit Araki Yusuke terbiasa menahan untuk melihat peluit pada laga yang melibatkan Timnas Vietnam U-23 saat Piala Asia 2022," tulis Bongdaplus.

"Pada babak perempatfinal, Yasuke memberi kartu merah pada kiper Vietnam Quan Van Chuan usai melihat tayangan ulang dengan VAR," kata Bongdaplus pada salah satu artikelnya.

Persoalan wasit ini juga sempat dikeluhkan pada leg pertama Indonesia vs Vietnam. Pada laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno itu dipimpin oleh wasit asal Oman, Omar Mubarak Mazaroua Al Yaqoubi.

Baca juga
Indonesia Ditahan Vietnam, Shin Tae Yong Soroti Wasit: Harusnya Van Hau Kartu Merah

Ada dua keputusan wasit Omar yang dinilai merugikan Indonesia. Pertama tekel keras dua kaki dari Doan Van Hau ke Dandy Sulistyawan. Dalam peristiwa ini, wasit tidak mengganjar Van Hau dengan kartu merah.

    Tekel berbahaya bek Vietnam Doan Van Hau ke Dendy Sulistyawan

Satu lagi keputusan wasit Omar yang menguntungkan Vietnam adalah saat bek Golden Star melakukan pelanggaran di kotak penalti, namun tak diganjar hukuman tendangan 12 pas.

Duel Vietnam vs Indonesia dipastikan berlangsung keras dan ketat. Keduanya akan berebut tiket ke final.

Indonesia dibayangi rentetan hasil buruk saat melawan Vietnam. Dalam lima laga terakhir, skuat Garuda tidak pernah menang melawan Vietnam.

Syarat Indonesia lolos ke final adalah minimal menahan imbang Vietnam dengan mencetak gol. Sebab, Piala AFF mengatur syarat gol tandang untuk penentuan lolos.

Sementara itu Vietnam wajib menang melawan Indonesia. Jika skuat Golden Star ini bermain imbang terlebih ada gol, maka mereka akan kandas.

Namun jika pertandingan kembali berakhir dengan skor 0-0, maka akan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu. Jika masih tanpa gol, maka pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Baca juga: Artis Venna Melinda Laporkan Suaminya Ferry Irawan ke Polisi, Kasus KDRT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait