Lepas Kontingan Indonesia ke SEA Games 2023, Presiden Jokowi Pesan Minimal 69 Emas

  • Arry
  • 2 Mei 2023 12:18
Presiden Joko Widodo melepas kontingan SEA Games Indonesia menuju SEA Games 2023(setpres/youtube)

Presiden Joko Widodo resmi melepas kontingan Indonesia yang akan berlaga pada SEA Games 2023 diKamboja. Jokowi pun meminta para atlet meraih minimal 69 medali emas.

Kontingan Indonesia akan terdiri dari 599 atlet yang akan mengikuti 31 cabang olahraga. Kontingan ini sudah dikukuhkan Menpora Dito Ariotedjo di Kemenpora pada Selasa, 2 Mei 2023 pagi.

"Hari ini saya akan melepas kontingen Indonesia ke SEA Games ke-32 Kamboja yang akan diberangkatkan atletnya sebanyak 599 atlet dan akan mengikuti 31 cabang olahraga," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 2 Mei 2023.

"Saya hanya pesan, di SEA Games Vietnam kita memeroleh 69 medlai emas dan kita peringkat ketiga. Nah, sekarang mestinya lebih dari itu," ujarnya.

Baca juga
SEA Games 2023: Timnas Indonesia Pecundangi Filipina 3-0

"Saya minta emasnya di atas 69 (keping), peringkatnya juga di atas tiga. Pilihannya hanya dua, peringkat satu atau peringkat dua," lanjutnya.

"Ini bukan target yang gampang, bukan target yang mudah, tetapi saya melihat bahwa atlet yang hadiri di sini tentunya telah memiliki bekal yang sangat cukup untuk berlaga di Kamboja," ujarnya.

"Dengan mengucap bismilahirahmanirahim, pada pagi hari ini kontingen SEA Games di Kamboja saya nyatakan diberangkatkan," ucap Jokowi sekaligus menutup pidatonya.

Menpora Dito Ariotedjo menjelaskan, kontingan Indonesia berjumlah 884 orang. Terdiri dari 599 atlet, 230 ofisial, 55 tenaga medis. Para atlet akan mengikuti 31 dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan. Mereka akan terbang ke Kamboja pada Kamis, 4 Mei.

Saat ini sejumlah cabang olahraga sudah dipertandingkan. Seperti sepak bola, kriket, dan hoki indoor..

Dalam cabang Sepakbola, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Filipina pada pertandingan perdana penyisihan Grup A. Skuat Garuda menang telak 3-0.

Artikel lainnya: Heboh Babi Ngepet Terekam Kamera CCTV, Ini Penjelasan Polisi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait