SEA Games: Ini Kunci Timnas Indonesia Bungkam Vietnam dengan 10 Pemain

  • Arry
  • 14 Mei 2023 11:53
Timnas U-22 Indonesia vs Vietnam 3-2, Skuat Merah Putih melangkah ke final lewat gol Muhammad Taufani di masa injury time(pssi/pssi.org)

Timnas U-22 Indonesia secara dramatis lolos ke final SEA Games 2023 usai mengalahkan Vietnam di babak semifinal. Kemenangan Skuat Merah Putih itu diraih usai Indonesia bermain dengan 10 orang.

Duel Timnas U-22 Indonesia vs Vietnam digelar di National Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Sabtu, 13 Mei 2023. Dalam pertandingan itu, Indonesia menang 3-2 atas Vietnam.

Indonesia unggul terlebih dahulu saat pertandingan berjalan 9 mennit lewat Komang Teguh. Vietnam membalas di menit ke-35 lewat Nguyen Van Tung.

Indonesia berbalik unggul di menit ke-53 melalui gol dari Muhammad Ferrari. Petaka dialami Indonesia di menit ke-60 saat bek Pratama Arhan dikeluarkan wasit usai mendapat dua kartu kuning.

    Timnas U-22 Indonesia vs Vietnam 3-2, Muhammad Ferrari membuat Merah Putih unggul 2-1 di babak kedua (PSSI)

Bermain dengan 10 orang, Indonesia yang sempat unggul, kemudian bisa disamakan oleh Vietnam di menit ke-78. Gol bunuh diri Bagas Kaffa membuat skor menjadi 2-2.

Baca juga
SEA Games 2023: Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia Rebut Medali Emas, Putri Raih Perak

Kemenangan Indonesia ditentukan sepakan kaki kanan Muhammad Taufany pada menit ke-90+5. Indonesia pun unggul 3-2 dan lolos ke final.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan kunci Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam.

"Terima kasih kepada pemain-pemain kita di lapangan, yang saya selalu ingatkan bahwa kita punya mental, punya nyali, ada hari ini. Itu yang membuat kita menang," kata Erick Thohir dikutip dari laman PSSI, Minggu, 14 Mei 2023.

"Dengan 10 pemain, kita kebobolan karena kita terus lawan terus lawan, tinggal dua menit, kita menggolkan. Itulah Indonesia yang kita mau," ujar Erick.

"Terima kasih masyarakat Indonesia, terima kasih pencinta sepakbola Indonesia yang terus berdoa, terus percaya bahwa tim kita ada. Terima kasih pada pemain yang membuktikan kita punya nyali, kita punya mental," jelas Menteri BUMN itu.

Baca juga
Menpora Dito: Timnas Rusia Ajak Duel Timnas Indonesia

"Selama ini selalu kita dibilang enggak siap, buktinya hari ini kita siap. Kita punya fight. Itulah yang kita mau ke depan. Indonesia yang bisa sejajar dengan bangsa-bangsa di dunia. Tidak hanya melihat masa lalu, tapi masa depan," Imbuhnya

"Sekarang kembali kita fokus dan recovery pemain. Ini jadi kunci karena pasti kelelahan, secara fisik secara mental. Sekarang harus siap lagi untuk final," ujarnya.

Kemenangan ini membawa Indonesia untuk pertama kalinya mengalahkan Vietnam dalam enam pertandingan terakhir. Selain itu, Indonesia juga dipastikan lolos ke final sepakbola SEA Games 2023.

Di partai final, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada Selasa, 16 Mei 2023. Negeri Gajah Putih lolos ke final usai mengalakan Myanmar 3-0.

Artikel lainnya: Ahli Mesir Kuno Demam Hingga Batuk Darah Usai Buka Makam Mumi, Kena Kutukan Firaun?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait