Menpora Dito: Timnas Rusia Ajak Duel Timnas Indonesia

  • Arry
  • 12 Mei 2023 16:47
Timnas Indonesia(pssi/pssi.org)

Timnas Rusia mengajak Timnas Indonesia melakukan pertandingan persahabatan. Bagaimana tanggapan Menpora Dito Ariotedjo.

Ajakan Rusia menggelar laga uji coba dengan Timnas Indonesia itu terlontar saat pertemuan Menpora Dito dengan Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila G Vorobieva pada Kamis, 11 Mei 2023.

"Dari Rusia ingin ada pertandingan persahabatan antara Timnas Rusia dengan Indonesia," kata Dito dalam keterangan resmi dikutip, Jumat, 12 Mei 2023.

Menurut Dito pihaknya menyambut baik ajakan Rusia. Namun, dia belum bisa merinci kapan laga persahabatan Indonesia dan Rusia bakal digelar. Termasuk lokasi pertandingan.

"Ini akan dikoordinasikan dengan PSSI dulu, semoga terwujud," ujarnya.

Baca juga
Indonesia di Grup Neraka Piala Asia Bareng Jepang-Vietnam, Erick Thohir: Kita Siap

Menurut Dito, Rusia memiliki peran penting dalam dunia olahraga Indonesia. Salah satunya adalah proyek Stadion Gelora Bung Karno.

Dito menjelaskan, Rusia memiliki andil besar dengan membantu pembuatan desain dan pembangunan stadion markas Timnas Indonesia itu.

"Rusia sudah sejak kemerdekaan sampai dibangunnya Gelora Bung Karno mereka partisipasinya ada, seperti dalam hal desain dan pembangunan GBK. Maka ke depan kerjasama di bidang olahraga dan pemuda akan kita tingkatkan," ujar Dito.

Untuk diketahui, saat ini Rusia tengah berupaya menggelar serangkaian pertandingan internasional usai mendapat sanksi dari FIFA.

Timnas Rusia telah dicoret dari agenda sepak bola Eropa dan dunia sejak aksi negaranya menyerang Ukraina. Hal itu membuat Rusia dicoret sebagai peserta Piala Dunia 2022.

Baca juga
Datangkan Lionel Messi dan Timnas Argentina, Indonesia Gelontorkan Minimal Rp73 M

Tak hanya itu, Asosiasi Sepak Bola Eropa atau UEFA juga memberikan sanksi tambahan untuk Rusia. Timnas dan klub asal Negeri Beruang Merah itu juga tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi di Eropa.

Kini Rusia tengah mendekati negara-negara di Asia untuk menggelar persahabatan. Mereka bahkan telah menggelar persahabatan dengan Irak dan Iran pada bulan lalu.

Melansir Guardian, Rusia kini bahkan tengah berupaya untuk bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia.

"Dalam beberapa minggu terakhir Rusia semakin membuat tawaran ke Konfederasi Sepak Bola Asia yang memicu desas-desus bahwa pada akhirnya mereka mungkin akan sepenuhnya meninggalkan UEFA dan membuang banyak hal dengan orang-orang seperti Arab Saudi, Guam dan Australia," tulis laporan The Guardian.

Artikel lainnya: Pengajian Kerap Dibubarkan GP Ansor, Ustaz Hanan Attaki Kini Masuk NU

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait