Erick Thohir Tak Perpanjang Kontrak Shin Tae Yong, Piala Asia Jadi Tugas Terakhir

  • Arry
  • 26 Mei 2023 18:39
Ketua Umum PSSI dan Shin Tae Yong(@erickthohir/instagram)

Pernyataan mengejutkan datang dari Shin Tae Yong. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu menyatakan berhenti jadi juru taktik timnas Indonesia. Tugas terakhirnya adalah Piala Asia 2023.

Hal tersebut diungkapkan Shin Tae Yong saat diwawancara media Korea Selatan, Best Eleven, dikutip Jumat, 26 Mei 2023. Shin Tae Yong menyatakan hanya bekerja hingga perhelatan Piala Asia 2023 yang digelar Januari 2024.

"Pembicaraan dengan Erick Thohir berakhir dengan baik. Pertama-tama, saya harus melakukan tugas saya dan bersiap untuk kompetisi," ujar Shin.

"Tidak [lagi melatih Indonesia]. Saya akan bekerja hingga Piala Asia," ujarnya.

Baca juga
Shin Tae Yong Ancam Mundur Jika Iwan Bule Mundur

"Erick Thohir adalah orang yang memiliki banyak ketertarikan pada sepak bola. Dia juga banyak bicara dengan saya. Meskipun kami tidak bisa mengadakan Piala Dunia U-20, dia mengatakan bahwa dia ingin kami memperkuat tim agar kami bisa melangkah maju ke masa depan," lanjutnya.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun membenarkan soal selesainya masa bakti Shin tae Yong. Menurutnya, hal tersebut sudah dibicarakan antara PSSI dan Shin.

"Memang sudah ada pembicaraan dengan Shin Tae-yong, bahwa beliau itu kontraknya habis pada Desember. Opsinya itu diperpanjang atau tidak diperpanjang," kata Erick Thohir.

"Nah, tapi kami ada kesepakatan bahwa kami akan mempersiapkan sampai Piala Asia nanti, di Juni [2024] itu juga ada Kualifikasi Piala Dunia, jadi kami harus menghitung ulang terlebih dahulu," lanjutnya.

Baca juga
Kalah 0-2 Lawan Vietnam, Indonesia Gagal Lagi di Piala AFF

"Jadi, kedua belah pihak menyepakati. Dan, saya rasa ini hal yang gentleman, disampaikan kami berdua daripada ngomong di belakang. Harus ada kesempatan yang sama, semua coach sama juga," jelasnya.

Shin Tae Yong mulai menukangi Timnas Indonesia pada 2019. Dia ditugasi tak hanya menangani Timnas Indonesia senior. Tetapi juga untuk Tim U-20 dan U-23.

Prestasi tertinggi Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia adalah menjadi runner up Piala AFF 2020. Selain itu, Shin juga berjasa mengantar Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 di Qatar.

Piala Asia 2023 itu akan digelar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Artikel lainnya: Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Jual Jet Pribadi, Segini Harganya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait