Indra Sjafri Protes Gol Sananta Dianulir Wasit Saat Kontra Izbekistan: Harus Ada VAR

  • Arry
  • 29 Sep 2023 09:33
Timnas Indonesia vs Uzbekistan 0-2, Ramadhan Sananta sempat mencetak gol penyeimbang namun dibatalkan wasit(noc indonesia/pssi.org)

Pelatih Timnas U-24 Indonesia, Indra Sjafri, protes wasit menganulir gol Ramadhan Sananta saat Timnas takluk 0-2 dari Uzbekistan di babak 16 besar sepakbola Asian Games 2023.

Duel Indonesia vs Uzbekistan digelar di Shangcheng Sports Stadium, China, Kamis, 28 September 2023. Indonesia kalah 0-2 dari Uzbekistan dan gagal melaju ke 8 Besar Asian Games 2023.

Indoensia dan Uzbekistan bermain imbang 0-0 selama 90 menit sehingga pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Di babak tambahan, Uzbekistan langsung mencetak gol di menit ke-92 lewat gol Sherzod Esanov.

Pada menit ke-110, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tandukan Ramadhan Sananta. Namun gol tersebut dibatalkan wasit lantaran menilai Sananta offside sebelum gol tercipta.

Baca juga
Kalah 0-2 dari Uzbekistan, Indonesia Tersingkir dari Asian Games 2023

Dua menit berselang, Indonesia bertanding dengan 10 pemain usai Hugo Samir mendapat kartu merah usai menyikut pemain Uzbekistan.

Esanov pun menutup pertandingan dengan menambah gol bagi Uzbekistan di menit ke-120+2. Skor 2-0 untuk kemenangan Uzbekistan bertahan hingga pertandingan usai. Uzbekistan pun lolos ke 8 Besar.

“Sampai sekarang kami tidak tahu kenapa gol yang tadi dianulir oleh wasit, apakah memang offside?” kata Indra Sjafri.

    Timnas Indonesia vs Uzbekistan 0-2

“Seharusnya event sebesar ini harus ada VAR ya agar valid apa itu offside atau tidak offside,” tambah Indra.

Kekalahan ini pun membuat Timnas Indonesia menyamai capaian di Asian Games 2018. Saat itu Timnas Indonesia juga mencapai babak 16 Besar dan melawan Uni Emirat Arab.

Indonesia dan Uni Emirat Arab sempat bermain imbang 2-2 di waktu normal. Skor ini bertahan hingga perpanjangan waktu. Indonesia akhirnya kalah dari UEA lewat adu penalti.

Artikel lainnya: KPK Geledah Rumah Dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Widya Chandra

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait