Piala Asia 2023: Vietnam vs Indonesia 0-1, Gol Penalti Asnawi Menangkan Garuda

  • Arry
  • 20 Jan 2024 06:07
Piala Asia 2023: Vietnam vs Indonesia 0-1, gol tunggal Asnawi Mangkualam lewat titik penalti membawa Garuda meraih tiga poin kemenangan(@fifaworldcup/instagram)

Timnas Indonesia meraih kemenangan penting di Piala Asia 2023. Garuda menang tipis 1-0 atas Vietnam dan menjaga asa lolos ke babak berikutnya.

Duel Vietnam vs Indonesia tersaji di laga kedua penyisihan Grup D Piala Asia 2023 yang digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Qatar, Jumat, 19 Januari 2024. Pertandingan ini berlangsung keras dan diwarnai dengan satu kartu merah.

Indonesia langsung ngegas di babak pertama. Menit pertama, Rafael Struick mendapat peluang, namun sepakannya masih bisa ditepis kiper Vietnam, Nguyen Filip.

Enam menit berselang, Struick kembali mendapatkan peluang. Namun kali ini tendangannya masih melenceng dari sasaran.

Vietnam mencoba meladeni permainan Indonesia. Dua peluang Vietnam masih melenceng dan bisa diantisipasi kiper Ernando Ari.

Pada menit ke-35, Skuat Garuda nyaris mencetak gol. Tandukan Sandy Walsh masih bisa ditepis Filip.

Upaya Indonesia mencetak gol akhirnya terbuka di menit ke-41. Aksi Rafael Struick di kotak penalti harus dihentikan dengan kasar oleh Nguyen Thanh Binh. Wasit pun memberikan hadiah penalti untuk Indonesia.

Penalti diambil Asnawi Mangkualam. Kapten Timnas Indonesia itu sukses memperdaya kiper Filip. Indonesia unggul 1-0.

    Gol penalti Asnawi Mangkualam membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan penting atas Vietnam di penyisihan Grup D Piala Asia 2023

Di masa injury time, Indonesia nyaris menggandakan keunggulan. Tandukan Struick masih tipis melebar di sisi gawang. Babak pertama usai dengan skor 1-0 untuk Indonesia.

Di babak kedua, Vietnam langsung ngegas. Dua peluang yang dimiliki para pemain Vietnam di awal babak kedua ini mampu diamankan Ernando Ari.

Piala Asia 2023: Vietnam vs Indonesia 0-1

Seragan bertubi-tubi Vietnam terus dilancarkan ke pertahanan Indonesia. Namun, semuanya gagal diakumulasi dengan gol.

Di menit ke-65, pertandingan sempat terhenti. Jordi Amat terkapar di lapangan usai hidungnya terkena sikut lawan saat duel udara. Jordi pun harus digantikan RIzky Ridho.

Indonesia mulai dapat keluar dari tekanan di pertangaha babak kedua. Menit ke-72, Hokky Caraka mengancam gawang Vietnam, bola bisa diblok lawan dan menghasilkan tendangan sudut

Di menit ke-89 giliran Marselino Ferdinan yang mencoba keberuntungan lewat tendangan jarak jauh. Namun bola masih bisa dihalau pemain Vietnam.

Baca juga
Piala Asia 2023: Irak Bungkam Jepang 2-1

Di masa injury time, Vietnam harus bermain dengan 10 orang usai Le Thanh Long mendapat kartu kuning kedua setelah pelanggaran kepada Ferdinan.

Meski bermain dengan 10 orang, Vietnam masih berupaya keras menyamakan kedudukan. Namun upaya mereka kandas usai wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Indonesia meraih tiga angka usai mencetak kemenangan 1-0 atas Vietnam.

Kemenangan ini membuat Indonesia naik ke posisi tiga klasemen Grup D dengan 3 poin. Sedangkan Vietnam berada di dasar klasemen dengan nilai 0. Sementara Irak beada di puncak klasemen dengan nilai 6, diikuti Jepang nilai 3.

Susunan Pemain

Vietnam: Nguyen Filip, Vo Minh Trong, Nguyen Thanh Binh, Pham Xuan Manh (Van Thanh Vu 89'), Pham Tuan Hai (Khuat Van Khang 46'), Nguyen Tuan Anh, Phan Tuan Tai, Nguyen Tai Son (Thanh Le Pham 46'), Nguyen Quang Hai (Nguyen Van Toan 72'), Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Van Tung (Van Truong Nguyen 79').

Indonesia: Ernando Ari, Sandy Walsh, Jordi Amat (Rizky Ridho 70'), Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam (Witan Sulaeman 56'), Pratama Arhan, Justin Hubner, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri (Adam Alis 67'), Rafael Struick (Hokky Caraka 68').

Artikel lainnya: Bawaslu Ungkap Penyebab Videotron Anies Baswedan di Bekasi Diturunkan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait