Kalah 0-4 dari Australia, Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala Asia 2023

  • Arry
  • 28 Jan 2024 20:52
Piala Asia 2023: Australia vs Indonesia 4-0, Socceroos lolos ke 8 Besar Piala Asia 2023(@socceroos/x.com)

Kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 terhenti di 16 Besar. Skuat Garuda disingkirkan Australia empat gol tanpa balas.

Duel Australia vs Indonesia di babak 16 Besar Piala Asia 2023 digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Ar Rayyan, Qatar, Minggu, 28 Januari 2024.

Di babak pertama, Timnas Indonesia berhasil mengimbangi permainan Australia. Menit ke-5 bola tap-in Rafael Struick dari umpan Ivar Jenner melayang di atas mistar Australia.

Australia yang tampil taktis berhasil mencur keunggulan di menit ke-11. Tendangan Jackson Irvine dari sisi kanan membentur kaki Elkan Baggott dan mengubah arah bola ke gawang Indonesia. Australia memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol tak membuat Indonesia kalah semangat. Skuat Garuda mampu mengimbangi kekuatan Socceroos yang kini berada di peringkat 25 FIFA.

Di menit ke-45, Australia menggandakan keunggulan. Martin Boyle berhasil menjebol gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari.

Babak pertama usai dengan keunggulan Australia 2-0.

Baca juga
Piala Asia 2023, Babak I Australia vs Indonesia 2-0

Di babak kedua, Australia tampil lebih santai dengan keunggulan dua gol. Indonesia berulang kali mencoba menembus pertahanan Socceroos, namun gagal.

Alih-alih mencetak gol, Indonesia justru kebobolan dua gol di menit-menit terakhir. Craig Goodwin berhasil menjebol gawang Indonesia di menit ke-89 usai memanfaatkan bola muntah yang gagal diantisipasi kiper Ernando Ari.

Tak berlangsung lama, Australia kembali menjebol gawang Indonesia lewat sundulan Harry Souttar. Gol bermula dari tendangan bebas dari sisi kanan. Bola dengan mudah disundul bek setinggi dua meter itu.

Australia pun menutup pertandingan dengan kemenangan 4-0 atas Indonesia. Socceroos menjadi tim pertama lolos ke 8 Besar Piala Asia 2024.

Sementara itu, bagi Timnas Indonesia, meski mengalami kekalahan, sudah mencetak rekor tersendiri. Ini kali pertama skuat Garuda lolos dari fase grup sepanjang keikutsertaan di Piala Asia.

Artikel lainnya: Kecelakaan Maut Bus Pariwisata Bawa Peziarah Wali vs Truk di Gresik, 5 Orang Tewas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait