BlackBerry Stop Sistem Operasi, Ini Daftar Smartphone yang Terdampak

  • Arry
  • 1 Jan 2022 11:11
Ponsel BlackBerry(@djyde/unsplash)

BlackBerry merupakan sebuah subbrand dari perusahaan bernama Research In Motion atau RIM yang berlokasi di Kanada. Awalnya perangkat BlackBerry adalah berupa pager yang dirilis pada 1994.

Perangkat telepon pintar BlackBerry baru booming pada awal 2000-an. Kala itu, BlackBerry memiliki senjata yakni BlackBerry Messenger atau BBM. Selain itu, dengan hadirnya teknologi di BlackBerry, pengguna telepon jadi lebih hemat dalam membelanjakan pulsanya.

Kehadiran BlackBerry ini pun meruntuhkan kejayaan Nokia saat itu.

Namun, kesuksesan yang diraih BlackBerry mulai runtuh saat Apple dan Android bersaing menghadirkan ponsel pintar.

Pada 2013 BlackBerry sebenarnya mencoba bersaing dengan kemampuan iOS dan Android dengan menghadirkan OS BlackBerry 10. Namun langkah tersebut dinilai terlalu terlambat dan akhirnya gagal. Pengguna ponsel pintar lebih memilih untuk menggunakan perangkat iOS maupun Android.

Keruntuhan BlackBerry sebenarnya sudah terlihat saat proiduk BBM mereka tersaingi oleh kehadiran aplikasi seperti WhatsApp. Pengguna sudah bosan dengan eksklusivitas dari BBM dan beralih menggunakan WhatsApp yang lebih mudah digunakan.

Setelah itu, kinerja BlackBerry terus menurun. RIM pun mulai melakukan pemecatan terhadap pegawainya pada 2012. Hingga akhirnya mereka lebih fokus pada bisnis pembuatan software untuk perusahaan.

Dan kini, BlackBerry akhirnya menyetop seluruh sistem operasi yang dgunakan untuk menjalankan Ssmartphone BlackBerry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait