Mahasiswa UNY Temukan Inovasi Tempe Bahan Biji Karet, Begini Cara Membuatnya

  • Arry
  • 19 Mar 2022 19:46
Tempe(@Bintang_Galaxy/pixabay)

Tempe biasanya memiliki bahan dasar kedelai. Namun, sekelompok mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta membuat inovasi tempe berbahan dasar biji karet.

Para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Pejuang Muda itu mempraktikkan cara membuat tempe berbahan biji karet di hadapan masyarakat di Desa Babat, Kecamatan Penukal, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatra Selatan.

Pejuang Muda merupakan program sinergi antara Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, serta Kementerian Agama yang dibentuk agar mahasiswa dapat memiliki peran dalam penanganan kemiskinan dan masalah sosial.

Para mahasiswa UNY yang tergabung dalam Pejuang Muda terdiri dari Tegar Ristianto dan Alifah Nur Aqrimah prodi Pendidikan Sejarah, Aji Nur Wijaksono prodi Pendidikan Fisika yang dibantu Mangara Klose Siahaan dari prodi Teknik Sipil Intitut Teknologi Sumatera, Gulfi Oktariani serta Nadya Lucyana prodi Sistem Komputer UNSRI.

Tegar menjelaskan, kegiatan ini diadakan karena prihatin pada kondisi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan sampingan setelah menyadap pohon karet. Dan ditemukan fakta bahwa banyak biji karet yang belum dimanfaatkan.

“Biji karet yang jatuh dari pohon hanya dibiarkan begitu saja dan hanya sebagian yang digunakan sebagai bibit oleh petani” kata Tegar dilansir dari laman UNY, Sabtu, 19 Maret 2022.

Sementara Alifah Nur Aqrimah menjelaskan, biji karet mengandung 31,6 persen karbohidrat, 15,6 persen protein, 40,9 persen lemak, dan sisanya adalah mineral dan asam sianida.

"Asam sianida ini harus dihilangkan dengan cara perendaman selama 24 jam dan perebusan selama 90 menit. Asam sianida mempunyai sifat mudah larut dan mudah menguap sehingga saat perendaman akan terbuang bersama air," jelas Alifah.

“Tempe dari biji karet lebih lembut daripada tempe kedelai, tidak cepat menjadi busuk dan dapat disimpan selama 2 minggu di dalam lemari es” papar Alifah.


Selanjutnya cara pembuatan tempe dari biji karet >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait