Fenomena Langka Hujan Air Terjun Terjadi di Bekasi, Ini Penjelasan BMKG

  • Arry
  • 9 Nov 2022 15:04
Fenomena hujan air terjun downburst di Bekasi, Jawa Barat(ist/ist)

Sebuah fenomena alam berupa hujan air terjun terjadi di sekitar Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Jawa Barat. Hujan deras itu hanya turun di satu titik itu saja, sedangkan di sekitarnya hujan seperti biasa.

Fenomena langka yang terjadi pada Selasa, 8 November 2022 itu diabadikan seseorang dan videonya viiral di media sosial. Salah satunya diunggah akun Instagram @jakut.info, pada Rabu, 9 November 2022.

"Ini air terjun yang ngejos (turun) dari langit ini. Air mancurnya cuman di situ aja, di Stadion Wibawa Mukti ini. Langsung dari langit air terjunnya. Cuman di situ doang, ngeri gaes," ucap si perekam video.

Fenomena hujan air terjun di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi

Begini penjelasan BMKG

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menjelaskan, fenomena langka itu disebut downburst.

"Microburst itu fenomena lebih kecil dari downburst, fenomenanya identik," kata Kabid Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin.

Senior Forecaster BMKG, Reifda Novikarany, menjelaskan, downburst adalah sistem angin kencang secara vertikal ke bawah dan terjadi dalam waktu yang singkat yang timbul dari sistem awan jenis kumulonimbus dan menyebar ketika sampai di permukaan tanah.

Menurutnya, fenomena downburst biasanya diiringi hujan. Meski durasi hujan berlangsung singkat, namun downburst memiliki daya rusak yang tinggi.

"Ketika terjadi di wilayah permukiman, fenomena ini dapat menyebabkan kerusakan berbagai infrastruktur," jelas Reifda.

Reifda meminta masyarakat waspada apabila awan sudah berwarna gelap dan menjulang tinggi. Sebab, bisa dipastikan awan tersebut adalah awan kumulonimbus.

"Awan kumulonimbus biasanya dapat menyebabkan terjadinya hujan lebat disertai kilat atau petir, bahkan bisa menimbulkan angin kencang, puting beliung, atau downburst," ujar dia.

Baca juga: 4 Fenomena Unik Gurun Sahara: Pernah Diselimuti Hutan dan Salju

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait