6 Hewan yang Umurnya Pendek, Ada yang Tak Sampai 5 Menit

  • Arry
  • 29 Nov 2022 14:16
Ilustrasi semut(@miic/unsplash)

Rata-rata umur hewan lebih pendek dari manusia. Bukan karena menjadi target buruan manusia atau santapan hewan lain, tetapi siklus hidup mereka memang pendek.

Rekor hewan dengan umur terlama dipegang seekor kura-kura yang diberi nama Jonathan. Usianya mencapai 190 tahun. Namun, ada pula hewan yang usianya tak sampai lima menit.

Melansir Weird Nature, berikut daftar hewan dengan umur terpendek di dunia:

1. Capung Donalia americana (Kurang dari Lima Menit)

Mayoritas umur capung maksimal sekitar 24 jam. Namun, peneliti dari Unversitas Florida bernama Craig H Weleh menemukan ada spesies capung betina Donalia americana, siklus hidupnya hanya kurang dari lima menit. Selama hidup, capung tersebut hanya menyimpan telur untuk reproduksi dan kemudian mati.

2. Gastrotrich (Lima Hari)

Gastrotrich adalah seekor hewan kecil menyerupai cacing. Hidupnya di air tawar. Namun, untuk melihatnya, dibutuhkan bantuan mikroskop, hal ini lantaran ukuran tubuhnya maksimal 3 milimeter saja. Seperti ukuran tubuhnya, umur hewan ini pun hanya sekitar lima hari saja.

3. Nyamuk (Tujuh Hari)

Nyamuk merupakan salah satu spesies hama paling terkenal di bumi. Nyamuk memiliki tahap hidup mulai dari telur, larva, pupa, dan dewasa. Siklus metamorfosis itu ternyata hanya berlangsung singkat, yakni cuma tujuh hari saja.

4. Lalat (15-25 Hari)

Lalat atau Musca domestica juga mengalami masa metamorfosis. Namun siklus hidup lalat mulai dari telur hingga dewasa hanya berlangsung selama 10 hari. Namun seekor lalat dewasa dapat hidup sekitar 15-25 hari.

5. Semut Drone (21 Hari)

Semut adalah spesies yang hidupnya dengan berkoloni. Mereka dapat hidup sangat singkat. Terutama semut drone jantan yang hanya memiliki umur selama 21 hari. Semut drone jantan ini akan langsung mati setelah berkembang biak, sedangkan semut betinanya setelah membuahi akan kehilangan sayap dan mencari tempat baru.

6. Ngengat India (28 Hari)

Ngengat India alias Plodia interpunctella adalah hewan yang biasa hidup di tepung atau jagung. Dalam siklus hidup normalnya, Ngengat India dapat hidup selama 28 hari. Namun ada pula yang tercatat dapat hidup mencapai 50 hari, namun hal ini tidak terjadi secara alami.

Baca juga: Ular Kobra Ini Mati Usai Digigit Balik Bocah yang Dipatuknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait