Heboh Kemunculan Ulat Aneh Berkepala Alien, Hewan Apa Itu?

  • Arry
  • 1 Jun 2023 20:07
Heboh kemunculan ulat aneh berkepala mirip alien(@dangdingoey/tiktok)

Sebuah video yang menampilkan seekor ulat berbentuk aneh dengan kepala besar mirip kepala alien ramai diperbincangkan di media sosial.

Video tersebut diunggah akun TikTok @dangdingoey. "Ku kira mainan, ternyata beneran," tulis keterangan dalam video tersebut.

Dalam video itu tampak seekor ulat berwarna putih dengan corak hitam di tubuhnya tengah merayap di atas tanah. Ulat itu tak terlihat seperti ulat pada umumnya.

Ukuran ulat tersebut terlihat lebih besar dibanding ulat pada umumnya. Kepalanya juga lebih besar dari tubuhnya. Mata ulat tersebut juga terlihat sangat besar.

Baca juga
Restoran Ini Sajikan Menu Nasi Goreng Ulat Sagu, Berani Coba?

Hingga Kamis, 1 Juni 2023, video tersebut sudah dilihat lebih dari 1,5 juta kali dan mendapatkan lebih dari 5.000 komentar.

"liat ulet rasanya mau nangis," komen netizen.

"ini di daerah mana , ko d tmpat aku ga pernah lihat ulet gituh yaa," komentar netizen lain.

"Baru tau uler kayak gitu...kirain boneka," tulis netizen.

"Merinding AQ pernah liat Kya gtu warnanya ijo, smpe lari kebirit" aq," komentar akun lainnya.

Baca juga
Ular Piton Makan Sapi Utuh di Gowa Berakhir Tragis

Sebenarnya hewan apa itu?

Dosen Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Gadjah Mada (UGM) drh Slamet Raharjo menjelaskan, sejumlah jenis ulat memiliki kamuflase yang sangat sempurna. Yakni seperti memiliki mata, mulut, seperti memakai helm, dan lainnya.

"Sebagai penyempurna kamuflase, ulat memiliki warna yang berbeda-beda sesuai warna dengan makanan yang dikonsumsinya. Misalnya jenis kupu yang sama ulatnya ada yang berwarna hijau/kuning/biru," kata Slamet dikutip dari kompas.com.

"Saya pribadi belum pernah ketemu langsung, namun jika diidentifikasi dari anatomi tubuhnya, saya menduga itu adalah larva kupu genus Papilio yang memiliki banyak spesies," ungkap dia.

"Kalau di Indonesia sering disebut sebagai ulat keket dan tidak berbahaya," ujarnya.

Artikel lainnya: SPBU Shell Ikut Turunkan Harga BBM, Cek Murah Mana dengan Pertamina?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait