9 Web Kementerian dan BIN Disusupi Hacker Asal China

  • Arry
  • 13 Sep 2021 08:42
Ilustrasi Hacker(TheDigitalArtist/pixabay)

Sebanyak 9 web milik kementerian dan web milik Badan Intelijen Negara dibobol sekelompok hacker asal China.

Hal ini diungkapkan sekelompok peneliti keamanan internet milik media internasional TheRecord, Insikt Group. Berdasar laporan tersebut, aksi pembobolan berhubungan dengan Mustang Panda. Namun, tidak dijelaskan kementerian apa saja yang menjadi korban.

Mustang Panda dikenal sebagai kelompok peretas asal China yang biasa melakukan mata-mata di dunia maya. Mereka beroperasi di wilayah Asia Tenggara.

Insikt Group mengungkapkan, aksi pembobolan ini dilakukan pada April 2021. Saat itu, mereka mendeteksi server pengendali perintah (C&C) milik grup Mustang Panda berkomunikasi dengan beberapa host yang kemungkinan telah terinfeksi di dalam jaringan internal milik pemerintah Indonesia.

Dalam aksinya, Mustang Panda menggunakan malware berjenis PlugX. Saat ditelusuri, aktivitas tersebut ternyata sudah dilakukan sejak Maret 2021.

Belum diketahui apa yang mereka incar dan bagaimana metode pembobolan yang dilakukan Mustang Panda.

Sudah lapor dan belum direspons

Dilansir dari The Record, Insikt Group sudah melaporkan temuan mereka ke otoritas Indonesia. Laporan disampaikan pada Juni dan Juli 2021. Namun, otoritas di Indonesia belum merespons laporan Insikt Group tersebut.

Meski demikian, dari sejumlah informasi yang dikumpulkan Insikt Group, pihak terkait sudah melakukan pembersihan sistem yang dibobol.

Namun, Insikt masih mendeteksi jaringan internal yang sebelumnya dibobol masih tersambung dengan server Mustang Panda.

Thanos beraksi >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait