Pengumuman: TikTok Shop Tutup Sore Ini

  • Arry
  • 4 Okt 2023 09:03
Aplikasi media sosial TikTok(@MourizalZativa/unsplash)

TikTok resmi menghentikan TikTok Shop. Penutupan secara resmi dilakukan pada hari ini, Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB.

TikTok Shop harus ditutup lantaran adanya aturan dari Kementerian Perdagangan yang mlearang media sosial merangkap menjadi media dagang daring atau social commerce.

"Prioritas utama kami adalah untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia," ujar TikTok Indonesia dalam sebuah pernyataan/

"Dengan demikian, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia, efektif per tanggal 4 Oktober, pukul 17.00 WIB," lanjut perusahaan.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana kami ke depan," imbuh pernyataan itu.

Larangan media sosial merangkap sebagai toko online ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang diundangkan pada 26 September 2023.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan, platform media sosial seperti TikTok tetap bisa menyediakan layanan jual beli daring. Namun, kegiatan jual beli harus dilakukan di aplikasi terpisah.

Artikel lainnya: Lifter Rahmat Erwin Abdullah Rebut Medali Emas Asian Games dan Cetak Rekor Dunia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait