Lifter Rahmat Erwin Abdullah Rebut Medali Emas Asian Games dan Cetak Rekor Dunia

  • Arry
  • 3 Okt 2023 23:21
Rahmat Erwin Abdullah menyumbang emas Asian Games 2023 dan mencetak rekor dunia angkat besi(noc indonesia/kemenpora.go.id)

Lifter Indonesia rahmat Erwin Abdullah berhasil meraih medali emas Asian Games 2023 cabang angkat besi. Tak hanya itu, dia juga memecahkan rekor dunia.

Bertanding di XSC Gymnasium, China, Selasa, 3 Oktober 2023, Rahmat Erwin bertanding di kelas 73 kg putra. Dia pun sukses melakukan angkatan dengan total 359 kg.

Dalam angkatan pertama, Erwin berhasil melakukan angkatan snatch dengan beban 152 kg dengan sempurna. Begitu pula dengan angkatan kedua dengan beban 156 kg. Erwinpun menutup anhkatan snatch dengan beban 158 kg.

Erwin pun mendapat saingan berat dari lifter China, Wei Yinting. Dia memulai dengan angkatan snatch 153 kg. Di angkatan kedua, Wei Yinting berhasil mengangkat beban seberat 158 kg, dan menutupnya dengan angkatan 161kg. Angkatan terakhir itu membuat

Selain itu, lifter Thailand Weerapon Wichuma juga memanaskan persaingan.

Lomba berlanjut dengan angkatan clean and jerk. Wei Yinting gagal mengangkat beban 180 kg pada percobaan pertama. Namun, beban tersebut berhasil diangkat pada angkatan kedua. Namun, pada angkatan ketiga, Tinting kembali gagal. Dia pun akhirnya tersingkir dari persaingan.

Sememtara itu Rahmat Erwin sukses melakukan angkatan clean and jerk dengan berat 192 kg. Dengan demikian, dia berhasil melakukan total angkatan 350 kg. Erwin pun memecahkan rekor Asian games.

Kepastian Rahmat Erwin meraih emas terjadi saat Weeraphon Wischuma hanya dapat mengangkat bebas dengan total 351 kg. Sementara Rahmat Erwin mampu meningkatkan angkatannya dengan beban seberat 354 Kg.

Meski sudah dipastikan meraih emas, Rahmat Erwin kembali mencoba meningkatkan angkatannya. Dia pun sukses melakukan angkatan clean and jerk dengan beban 201 kg. Catatan ini pun membuat Erwin memecahkan rekor dunia clean and jerk.

Total Rahmat Erwin mengumpulkan total angkatan 359kg. Torehan itu jadi rekor baru di Asian Games.

Artikel lainnya: Viral Mobil Mercy Hingga Alphard Lawan Arah di Tol Depok

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait