Legenda Angkat Besi RI Peraih 3 Medali Olimpiade Lisa Rumbewas Meninggal Dunia

  • Arry
  • 14 Jan 2024 11:19
Atlet angkat besi legendaris Indonesia, Lisa Rumbewas meninggal dunia(noc indonesia/noc indonesia)

Atlet legendaris angkat besi Indonesia Lisa Raema Rumbewas meninggal dunia, Minggu, 14 Januari 2024 pukul 03.00 WIT. Lisa Rumbewas meninggal dalam perawatan di RSUD Jayapura.

“Selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya menyampaikan turut berduka cita," kata Ketum KONI, Letjen TNI Purn Marciano Norman, dalam keterangan resmi.

"Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan, yang Maha Pengasih, dan Jasanya sebagai Patriot Olahraga akan selalu dikenang, serta memotivasi para Lifter Indonesia untuk meraih prestasi dunia,” tambahnya.

Semasa aktif menjadi atlet, Lisa Rumbewas telah menyumbangkan 3 medali Olimpiade untuk Indonesia. Medali pertama diraih pada Olimpiade Sydney 2000. Saat itu, Lisa Rumbewas meraih medali perunggu di kelas 48 kg.

Pada Olimpiade Athena, Lisa kembali meraih medali, kali ini dia meraih medali perak kelas 53 kg. Medali Olimpiade ketiganya adalah medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008.

Medali perunggu ini diraih Lisa Rumbewas lantaran atlet asal Belarusia, Nastassia Novikava, menggunakan doping turinabol dan stanozol, sehingga medalinya dicabut.

Lisa Rumbewas pun berhak atas medali perunggu yang sebelumnya diraih Nastassia.

Artikel lainnya: Hasil Liga Inggris: Chelsea Gusur Man United, Comeback Spesial De Bruyne dan Man City

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait