Ahli Gizi Ungkap Batas Aman Santap Mie Instan, Ternyata Cuma Boleh Segini

  • Arry
  • 6 Mei 2023 12:45
Ilustrasi mie instan(@gianyasa/pixabay.com)

Mie instan merupakan salah satu hidangan yang paling digemari. Cara mengolahnya pun sangat mudah. Namun, berapa banyak mie instan yang boleh dikonsumsi setiap orang?

Banyak anggapan mengonsumsi mie instan tidak sehat. Sehingga banyak pula yang kemudian mengkreasikan mengolah mie instan menjadi sajian yang lebih sehat.

Ahli gizi dari Universitas Muhammadiyah Surabaya, Tri Kurniati menyoroti soal tren mengonsumsi mie instan. Menurutnya, mie instan belum dapat dianggap sebagai makanan penuh (wholesome food) karena belum mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang bagi tubuh.

Menurutnya, mie yang terbuat dari terigu mengandung karbohidrat dalam jumlah besar, tetapi kandungan protein, vitamin, dan mineralnya hanya sedikit.

Baca juga
Resep Mie Goreng Rumahan yang Mudah Diolah dan Lebih Nikmat Dibanding Mie Instan

“Pemenuhan kebutuhan gizi mie instan dapat diperoleh jika ada penambahan sayuran dan sumber protein,” kata Tri dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Sabtu, 6 Mei 2023.

Menurutnya, mie instan juga dapat membahayakan kesehatan. Karena dalam penyajian mie instan umumnya mengandung lemak dan natrium yang tinggi. Namun dalam sajian itu memiliki rendah serat, vitamin dan mineral. Pola konsumsi mie instan mempunyai pengaruh positif terhadap obesitas abdominal dan hiperkoles-terolemia.

“Konsumsi mie instan lebih dari 2 bungkus dalam seminggu berhubungan dengan peningkatan sindrom metabolik yang tinggi pada wanita,”tegasnya lagi.

Pola konsumsi mie instan dapat berkontribusi terhadap pola makan. Konsumsi mie instan yang tinggi cenderung diiringi juga dengan konsumsi makanan fast food lain yang tinggi. Konsumen yang mengonsumsi mie instan cenderung lebih sedikit mengonsumsi buah dan sayuran.

Baca juga
Ternyata Ini Bumbu Rahasia Kenikmatan Indomie di Warmindo

Tri menegaskan, lebih baik mengonsumsi mie instan tidak lebih dari dua bungkus dalam satu minggu. Selain itu juga agar tidak dijadikan kebiasaan rutih.

Bila ingin mengkonsumsi mie intans sebaiknya diberikan tambahan sayur dan protein seperti telur, ayam, daging serta sumber protein yang lain.

“Waspadai pemakaian mie instans yang di jadikan sebagai lauk atau dimakan hanya dengan nasi. Hal tersebut tidak dianjurkan karena hanya mengandung karbohidrat saja,” ujarnya.

Artikel lainnya: Kamboja Kibarkan Bendera Indonesia Terbalik di Pembukaan SEA Games 2023

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan