Jalan Kaki 2.600 Km dari Thailand, 32 Biksu Tiba di Borobudur Untuk Rayakan Waisak

  • Arry
  • 1 Juni 2023 16:17
Sebanyak 32 biksu thudong asal Thailand akhirnya tiba di Borobudur untuk merayakan Hari Raya Waisak(humas jawa tengah/jatengprov.go.id)

Perjalanan 32 biksu thudong asal Thailand akhirnya mencapai tujuan. Usai berjalan sekitar 2.600 kilometer selama sekitar 3 bulan, mereka akhirnya tiba di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Para biksu thudong tiba di Pusdiklat Catra Jinadhammo, Desa Borobudur, Jawa Tengah, pada Rabu, 31 Mei 2023 sore. Kedatangan mereka diterima langsung Camat Borobudur Subiyanto dan Kapolresta Magelang Kombes Rurus Wicaksono serta Kapolres Magelang Kota.

"Kami mengucapkan terima kasih para biksu untuk singgah di sini, semoga keberkahan melimpah di bumi Borobudur ini," kata Camat Borobudur, Subiyanto.

Dia mengagumi keikhlasan dan semangat para biksu thudong menyelesaikan perjalanan panjang tersebut. Bahkan para biksu jalan kaki sejauh 2.600 kilometer demi bisa merayakan Waisak di Candi Borobudur.

"Mudah-mudahan semangat itu menjalar pada kita semua. Kami berharap apa yang sudah kita saksikan bersama bahwa di Indonesia, di Borobudur ini adalah saling menghormati antarsesama ataupun agama yang berbeda," katanya.

Ketua Thudong Internasional, Welly Widadi, berteria kasih kepada semua pihak sehingga rombongan biksu thudong sudah sampai Borobudur dengan selamat.

"Ini adalah perjuangan yang tidak mudah, para biksu ini begitu luar biasa dan kesehatannya pun masih terjaga dengan baik," kata Welly.

"Terima kasih kepada pengurus pusdiklat ini yang telah menerima para biksu untuk bermalam di sini selama empat hari ke depan," katanya.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Panglima Laskar Abu Macan Ali, Prabudias yang ikut mengawal para biksu mulai dari Thailand, Malaysia, Singapura, hingga ke Borobudur.

"Beliau ini seorang Muslim tetapi toleransinya luar biasa, beliau ini sangat menjaga dan mengawal biksu jangan sampai tersentuh siapa pun, beliau benar-benar bertanggung jawab menjaga para biksu ini untuk bisa selamat sampai Candi Borobudur," katanya.

Perayaan Hari Raya Waisak akan dipusatkan di Candi Borobudur pada 4 Juni 2023.

Artikel lainnya: Garuda Indonesia Kini Terbang Bersama Pikachu, Berapa Harga Tiketnya?

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan