Dijual Ridwan Kamil di NFT, Lukisan Seniman Braga Laku Jutaan Rupiah

  • Arry
  • 15 Januari 2022 16:40
Ridwan Kamil sukses jual lukisan seniman Braga di NFT seharga jutaan rupiah(@ridwankamil/instagram)

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memanfaatkan teknologi non fungible token alias NFT untuk membantu seniman di Jalan Braga, Bandung, menjual lukisannya. Saat dijual di platform OpenSea, lukisan tersebut akhirnya laku 0,09 ETH atau sekira Rp4,2 juta.

"Alhamdulillah, kami berhasil bereksperimen, menjualkan lukisan pelukis jalanan di Braga Bandung ini, yang biasanya 500 ribu rupiah melonjak 8 kali lipat menjadi 4,2 juta rupiah atau 0,09 ETH di bursa NFT melalui platform @opensea," kata Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya dikutip Sabtu, 15 Januari 2022.

"Pemprov Jawa Barat mulai tahun 2022 membuka akun khusus di platform digital ini untuk membantu menjualkan karya para pelaku ekonomi kreatif Jawa Barat menjadi lebih berlipat nilai ekonominya," ujarnya.

Baca Juga
Raup Miliaran Rupiah dari Jualan Foto Selfie, Ghozali Langsung Dicolek Ditjen Pajak

"Dunia baru, cara baru untuk kesejahteraan rakyat Indonesia," ujar gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu.

Pada November 2021, Kang Emil juga sudah membuat akun OpenSea. Dia mengunggah sejumlah karya lukisannya di platform tersebut.

"Saya ajak Pak Solihin, seorang seniman lukis Braga. Saya pilih satu karyanya untuk eksperimen dimasukan ke marketplace di NFT namanya Opensea. Nanti kita lihat, kalau berhasil jadi cerita," katanya.

Baca Juga
Cerita Ghozali Raup Rp1,5 Miliar dari Jualan Foto Selfie di NFT, Buat Apa Duitnya?

"Inilah ekonomi baru. Karena saya pemimpin yang memproduksi karya kreatif berupa lukisan maka diupload di NFT. Juga anak saya, kenapa, karena dia generasi yang akan paham dan menjadi ekosistem di masa depan," lanjut Ridwan Kamil.

"Jadi kepentingan saya, ini cara baru, cuma orang merasa rumit. Maka saya akan buat cara membuat akun di bursanya dan dikoordinir saja oleh kita. Jadi bisa titip ke kita, enggak usah register lagi dan bayar lagi. Kita ibaratnya menyediakan wadah," kata dia.

 

Artikel lainnya

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan