Timnas Indonesia Bikin Sejarah Juara Piala Asia Versi eSport

  • Arry
  • 6 Feb 2024 09:21
Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023(pssi/pssi.org)

Timnas Indonesia sukses mencatatkan sejarah menjadi juara Piala Asia 2023 usai mengalahkan Jepang. Namun pertandingan ini bukan terjadi di lapangan sepabola, tetapi versi eSports.

Tim Indonesia diperkuat Rizku Faidan, Elga Cahaya Putra, dan Akbar Paudie pun menjadi tim pertama yang menjadi juara eSports Piala Asia 2023 atau AFC eAsian Cup 2023.

Timnas Indonesia melaju ke final usai mengalahkan Thaland. Rizky Faidan Cs menang 1-0 dan 201 dalam pertandingan yang menggunakan sistem best of three.

Di babak final, Indonesia melawan Jepang. Tim Samurai Biru maju ke final usai menyingkirkan Arab Saudi dengan skor 1-0 dan 1-0.

Baca juga
Semua Tim yang Kalahkan Indonesia Gagal ke Semifinal Piala Asia, Jepang Paling Sial

Babak final Indonesia vs Jepang pun digelar pada Senin, 5 Februari 2024 malam di Virtuocity esport Arena, Doha, Qatar.

Duel Indonesia vs Jepang berjalan sengit di gim pertama. Kedua tim bermain imbang 1-1. Sehingga pemenang dilanjut ke babak tos-tosan. Di babak penentuan itu, Indonesia menang 3-2 atas Jepang.

Masuk gim kedua, Timnas Indonesia sukses mengunci kemenangan usai menang tipis 1-0 atas Jepang. Hasil ini pun memastikan Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023.

Indonesia pun mencatatkan diri sebagai juara AFC eAsian Cup 2023 edisi perdana.

Perjuangan Indonesia untuk menjadi juara pun cukup berliku. Di fase grup, Indonesia berhasil menjadi juara Grup D usai mengungguli Jepang. Di babak 16 Besar, Indonesia menyingkirkan Korea Selatan.

Langkah Indonesia pun berlanjut di ke babak perempat final. Di babak delapan besar ini, skuat Merah Putih mengalahkan Uni Emirat Arab, dan mengalahkan Thailand di babak semifinal.

Kiprah Indonesia di cabang eSports ini berbanding terbalik dengan Timnas Indonesia besutan Shin Tae Yong. Tim Garuda kandas di babak 16 besar usai kalah dari Australia 0-4.

Artikel lainnya: Survei Litbang Kompas Debat Capres: Anies Tertinggi, Prabowo Terakhir

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait