Komeng Resmi Lolos ke Senayan Usai Raup 5,3 Juta Suara: Ungguli Ganjar dan PSI

  • Arry
  • 21 Mar 2024 17:03
Coblos surat suara foto Komeng(ist/ist)

Komedian Komeng akhirnya dipastikan lolos ke Senayan sebagai anggota DPD RI. Komedian bernama lengkap Alfiansyah Komeng Bustami itu menjadi peraih suara terbanyakdi Jawa Barat.

Berdasarkan rekapitulasi suara yang dilakukan KPU, Komeng meraup 5.399.699 suara. Raihan ini menjadi rekor terbaru perolehan suara untuk anggota DPD sepanjang masa.

Komeng mengalahkan pesaingnya di Dapil Jawa Barat seperti Aanya Rina Casmayanti yang hanya meraup 1,9 juta suara, Jihan Fahira yang memeroleh 1,8 juta, serta Agita Nurfianti 1,1 juta suara.

Jumlah suara yang diraih Komeng ini bahkan melebihi raihan suara paslon capres-cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Jawa Barat. Paslon yang diusung PDI Perjuangan itu hanya meraup 2,8 juta di Jawa Barat.

Baca juga
Artis KPop DPR Ian Akui Wajahnya Mirip Komedian Komeng

Tak hanya itu, jumlah suara Komeng jauh lebih banyak dari yang diraih PSI di tingkat nasional. Padahal PSI sudah diperkuat anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Jumlah suara PSI di tingkat nasional hanya 4,2 juta suara. Raihan suara ini pun membuat partai yang menyebut dirinya sebagai partai Jokowi itu gagal menembus Senayan.

Kemenangan Komeng ini diketahui hanya berasal dari foto kocaknya di surat suara. Dia juga tak mengeluarkan modal besar untuk kampanye, berbanding terbalik dari PSI yang menjadi partai ketiga terbesar yang memiliki dana kampanye jumbo.

Komeng pun sempat mengungkapkan kenapa tidak mengeluarkan dana kampanye yang banyak. Alih-alih keluar uang, Komeng justru dibayar saat sedang kampanye.

Baca juga
Caleg PSI Gagal ke DPR Meski Raup Suara Tinggi: Ade Armando, Grace Natalie, Isyana

Menurutnya, dia kerap memanfaatkan sejumlah acara yang mengundang dirinya sebagai bintang tamu. Dia pun kerap meminta doa restu kepada penonton dan memberitahukan dirinya sedang nyaleg.

"Ya saya cuma ngomong mohon doa restu, karena kan ada panwaslu. Saya bilang saya ngga kampanye saya cuma mohon doa restu kalau memang ada yang mau masuk-masuk situ, pak kalau ngga ya ngga," kata Komeng at bertamu di Podcast Deddy Corbuzier.

"Selain itu saya ngga banyak keluar uang, malah justru dapat uang. Tapi saya bilang sama bini kampanye ngga dapat duit, jadi kan ngga minta," kata Komeng diselingi canda.

Artikel lainnya: Denny Sumargo Semringah Jadi Calon Ayah Usai Istri 3 Kali Keguguran

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait