Caleg PSI Gagal ke DPR Meski Raup Suara Tinggi: Ade Armando, Grace Natalie, Isyana

  • Arry
  • 21 Mar 2024 13:03
Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie(@gracenat/instagram)

Partai Solidaritas Indonesia atau PSI gagal memenuhi ambang batas parlemen atau parliamentary treshold 4 persen pada Pemilu 2024. Partai yang dikomandoi anak Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, itu pun gagal meloloskan calegnya ke DPR.

Padahal, ada sejumlah caleg PSI yang meraup suara banyak dan berhak lolos ke DPR. Namun karena aturan PT 4 persen, mereka gagal menjadi anggota DPR.

Berdasarkan rekapitulasi suara tingkat nasional, PSI hanya mendapat 4.260.169 suara dari total 151.796.630 surat suara yang sah. Berdasarkan prosentase, PSI hanya meraih 2,8 persen suara saja.

Jika PSI mampu meraih 4 persen suara, setidaknya ada 5 caleg yang melaju ke DPR. Mereka adalah:

1.Cynthia Riza

Cynthia merupakan caleg dari PSI yang maju untuk Dapil Jawa Tengah V. Dia bertarung memperebutkan satu dari delapan kursi yang tersedia.

Berdasarkan perolehan suara, Cynthia meraih 60.003 suara. Jumlah ini pun sudah memenuhi syarat PSI meraih satu kursi.

Namun karena PSI tak lolos ambang batas, maka kursi yang diraih Cynthia harus direlakan ke caleg lainnya.

Baca juga
Suara PSI Melonjak, Anies Singgung Partai Dipimpin Anak Presiden

2. Ade Armando

Ade Armando maju sebagai caleg dari Dapil Jakarta II. Dapil neraka ini meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan pemilih dari luar negeri.

Dari perolehan suara, Ade Armando meraih 54.199 coblosan. Namun, lantaran PSI gagal memenuhi ambang batas, maka kursi Ade Armando akan diisi oleh caleg dari Partai Demokrat.

Baca juga
Begini Pernyataan Ade Armando Singgung Dinasti Yogyakarta Hingga Singgung Ganjar

3. Grace Natalie

Grace Natalie meraih suara tertinggi untuk Dapil Jakarta III yakni 193.556 coblosan. Mantan presenter itu bahkan mengalahkan suara dari politisi senior seperti Ahmad Sahroni hingga keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati D Djojohadikusumo.

Namuun lantaran PSI tak lolos ambang batas 4 persen, kursi Grace Natalie akan dihuni caleg dari PDIP Darmadi Durianto yang memperoleh 95.533 suara.

Baca juga
Viral Kabinet Indonesia Emas Prabowo: Tak Ada Sri Mulyani, Ada Nama Grace Natalie

4. Paulus Totok Lusida

Paulus Totok Lusida maju sebagai caleg dari dapil Jawa Timur I. Paulus juga meraih suara tinggi, namun dia gagal meraih kursi DPR.

5. Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka

Isyana Bagus Oka bertarung menjadi anggota DPR dari Dapil Banten III. Di Dapil Ini, PSI meraup 203.079 suara. Isyana sendiri berhasil meraih suara terbanyak yakni 78.140.

Kini kursi Isyana pun harus direlakan diberikan untuk Caleg dari PDI Perjuangan, Marianus Gea, yang meraih 74.909 suara.

Artikel lainnya: Jadwal Kualifikasi Piala Dunia Indonesia vs Vietnam, Malam Ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait