Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama Digelar, Ini Rincian Agenda

  • Arry
  • 22 Des 2021 10:21
Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama atau NU(nahdlatul ulama/nu.or.id)

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU menggelar Muktamar ke-34 NU. Muktamar digelar mulai hari ini, Rabu, 22 Desember 2021 dan berakhhir pada Jumat 24 Desember 2021.

Sejumlah agenda dalam Muktamar NU sudah dipersiapkan. Mulai pembukaan, rapat komisi dan ditutup dengan pemilihan Ketua Umum NU yang baru.

Ketua Panitia Pelaksana Muktamar ke-34 NU, Imam Aziz, menjelaskan, Presiden Joko Widodo akan membuka kegiatan muktamar yang akan dihelat di Pondok Pesantren Darussa'adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah. Dalam pembukaan itu dihadiri pula Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sidang Tata Tertib dan LPJ

Setelah pembukaan, peserta muktamar akan mengikuti sidang tata tertib dan laporan pertanggungjawaban. Kegiatan ini akan digelar di Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Kegiatan ini akan dilakukan pada hari ini pada sore hari. Setelah itu, kegiatan akan ditutup dengan pengumuman pembagian komisi sidang.

Pada hari kedua, Kamis, 23 Desember, kegiatan Muktamar akan diisi dengan agenda sidang komisi. Sidang komisi dijadwalkan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Kegiatan sidang komisi dibagi di berbagai tempat. Untuk Komisi Bahtsul Masail Maudhu'iyah akan melangsungkan sidang di Auditorium UIN Raden Intan Lampung. Sementara Komisi Bahtsul Masail Qanuniyah akan bersidang di Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung.

Sedangkan sidang Komisi Bahtsul Masail Waqiiyah digelar di Pondok Pesantren Darussa'adah. Dan, Komisi Program ditempatkan di Universitas Malahayati.

Selain itu, sidang Komisi Organisasi digelar di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Lampung, dan Komisi Rekomendasi di Fakultas Keguruan Universitas Lampung.


Pemilihan Rais Aam dan Ketum PBNU

Usai sidang komisi-komisi, kegiatan Muktamar ke-34 NU akan dilanjutkan dengan agenda pengesahan dari sidang komisi. Setelah itu disusul dengan penghitungan dan penetapan ahlul halli wal aqdi (AHWA).

Sistem pemilihan AHWA diterapkan dengan harapan dapat memperkuat kembali supremasi Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Pada Kamis malam, kegiatan Muktamar ke-34 NU akan dilanjutkan dengan acara pengesahan Rais Aam PBNU. Acara puncak yang ditunggu-tunggu dalam muktamar ini adalah pemilihan dan penetapan Ketua Umum PBNU periode 2021-2026 di Ponpes Darussa'adah.

Kegiatan Muktamar ke-34 NU akan ditutup pada Jumat, 24 Desember pagi oleh Wapres Ma'ruf Amin.

Imam menyatakan, seluruh kegiatan Muktamar ke-34 NU digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Semua peserta yang hadir diwajibkan tes PCR. Selain itu, jarak tempat duduk juga sudah diatur.

Agar prokes berjalan lancar, Muktamar ke-34 NU akan dihadiri duta-duta prokes dari mahasiswa kedokteran yang tergabung dalam Nahdlatul Ulama Medical Student Association (Numsa). Tugasnya, mengingatkan penerapan prokes kepada peserta yang abai.

Selain itu, panitia juga telah membentuk Satgas Covid-19 khusus Muktamar ke-34 NU di bawah koordinasi dengan dr Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait