Fenomena Pawang Hujan, Ustaz Khalid Basalamah: Untuk Apa? Ini Dukun, Jangan Dipanggil

  • Arry
  • 22 Mar 2022 05:58
Ilustrasi hujan(@ELG21/pixabay)

Pawang hujan menjadi salah satu fenomena di Indonesia. Keahliannya banyak disebut dapat memodifikasi cuaca.

Bagaimana pandangannya dalam Islam?

Ustaz Khalid Basalamah pernah mengungkapkan soal adanya fenomena pawang hujan. Menurutnya, kaum muslimin sebaiknya tidak berhubungan dengan pawang hujan.

"Ini dukun, penyihir. Jangan dipanggil. Taruh telur di belakang rumah, taruh keris, taruh segala supaya enggak hujan. Buat jin yang jaga. Untuk apa? Ada acara, hujan. Biarin, akhi. Rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala," kata Ustadz Khalid Basalamah dalam tayangan di kanal YouTube Belajar Mengenal Islam & Sunah.

Baca juga
Tak Perlu Pawang, Nabi Muhammad SAW Contohkan Cara Ini Untuk Alihkan Hujan

Menurutnya, dalam ajaran Islam, menggunakan jasa pawang hujan adalah haram hukumnya. Dosanya dinilai besar.

"Pasang tenda, masuk ke ruangan. Kalau hujan lebat, tunda hari lain. Jangan dipanggil pawang hujan. Ini dukun. Enggak boleh sama sekali, haram dalam Islam," jelas Ustaz Khalid.

Ustaz Khalid menjelaskan, walaupun pawang tersebut memakai bacaan Alquran jangan dipercaya. Hendaknya umat muslim memasrahkan keadaan pada Allah SWT.

"Walaupun mereka pakai bacaan-bacaan Alquran ya, jangan dipercaya. Paling sedikit itu tanam telur, taruh apalah batu kerikil sekian banyak, dan segala macam. Kurafat semuanya," ujarnya.

Baca Juga
Ini Gaji Rara Jadi Pawang Hujan di MotoGP Mandalika 2022

Dalam Islam ada ibadah untuk memohon agar hujan dihentikan maupun meminta hujan.

Doa Agar Hujan Berhenti

Dalam hadis Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad pernah berdoa agar hujan berhenti dan dialihkan ke wilayah yang membutuhkan curahan air dari langit.

"Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, allahumma ‘alal aakaami wadh dhiroobi, wa buthuunil audiyati, wa manaabitisy syajari."
Artinya:

"Ya Allah berilah hujan di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan."


Selanjutnya doa agar hujan tidak jadi musibah >>>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait