Dibocorkan Tukang Gorengan, Ini 5 Tips Minyak Goreng Tak Cepat Hitam dan Keruh

  • Arry
  • 31 Jul 2022 15:46
Penggunaan minyak goreng untuk memasak(@suicide_chewbacca/unsplash)

Pemakaian minyak goreng berulang kali akan membuat warnanya menghitam. Hal itu pun akan memengaruhi aroma dan warna makanan.

Namun, ada tips agar minyak goreng tidak cepat menghitam dan keruh. Cara ini biasanya digunakan para tukang gorengan.

Bagaimana cara membuat minyak goreng tidak cepat menghitam? Ini tipsnya:

  • Tidak Menggunakan Api Besar saat Memasak

Tips minyak goreng tidak cepat menghitam adalah dengan menggunakan api tidak terlalu besar saat memasak. Penggunaan api yang besar akan mempercepat warna minyak goreng. Jadi sebaiknya gunakan api kecil atau sedang saja untuk menggoreng.

  • Segera bersihkan sisa makanan pada inyak

Tips minyak goreng tidak cepat menghitam selanjutnya adalah segera bersihkan sisa makanan yang tertinggal pada minyak goreng. Misalnya, jika memasak gorengan bertepung, biasanya akan ada sisa tepung goreng di minyak.

Sisa-sisa tersebut sebaiknya segera diangkat. Selain membuat minyak cepat menghitam, sisa makanan itujuga bisa membuat kualitas minyak goreng menurun.

  • Jauhkan minyak goreng dari paparan sinar matahari langsung

Tips membuat minyak goreng tidak cepat menghitam lainnya adalah dengan memperhatikan cara penyimpanan. Sebaiknya minyak goreng disimpan dengan menghindari paparan sinar matahari langsung.

  • Pisahkan minyak sesuai bekas makanan

Tips agar minyak goreng tidak cepat menghitam adalah memisahkan minyak sesuai dengan makanan yang digoreg. Hal ini untuk menghindari bercampurnya aroma satu makanan dengan yang lainnya.

Contohnya, hika anda menggunakan minyak goreng untuk memasak cabai, gunakan bekas minyak goreng yang bekas memasak cabai. Karena jika bekas minyak goreng cabai ini digunakan untuk memasak bahan makanan lain, maka rasa makanan tersebut akan ikut pedas.

  • Usahakan maksimal penggunaan minyak adalah tiga kali

Tips terakhir minyak goreng tidak cepat menghtam adalah dengan memperhatikan batas pemakaian. Usahakan agar minyak goreng bekas itu dipakai maksimal tiga kali. Jika berlebih, maka warna akan berubah menjadi hitam dan kualitasnya pun akan turun.


Demikian tips minyak goreng agar tidak cepat hitam dan keruh. Cara ini biasa dipakai juga oleh tukang gorengan.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait