Biar Kantong Nggak Jebol, Ini 5 Tips Menghemat BBM

  • Arry
  • 1 Sep 2022 18:23
Mengisi BBM(@Engin_Akyurt/pixabay.com)

Pemerintah tengah menggodok menaikkan harga BBM Pertamina jenis Pertalite, Pertamax, dan Solar.

Untuk menghindari biaya tambahan, menghemat pemakaian BBM menjadi hal yang penting. Sebab, jika pemakaian tidak bijak, maka biaya yang akan dikeluarkan akan sangat tinggi.

Melansir laman Pertamina, berikut cara menghemat BBM:

1. Hindari Mengemudi Secara Agresif

Cara yang pertama adalah dengan cara hindari mengemudi secara agresif atau ngebut. Mengemudi secara cepat dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Selain membahayakan diri sendiri dan orang lain, hal tersebut dapat menyebabkan konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Mobil yang berakselerasi cepat, ngebut dan sering mengerem ternyata memakan banyak bahan bakar. Praktik mengemudi yang sesuai dapat mengurangi efisiensi bahan bakar sebanyak 33% di jalan raya dan mengemudi di dalam kota.

Baca juga
Harga BBM Pertamina Turun, Ini Daftar Harga BBM Terbaru per 1 September 2022


2. Batasi Penggunaan AC Saat Mengemudi

Sudah diketahui banyak orang, bahwa mengemudi mobil dengan kondisi AC menyala membuat kinerja dari mesin menjadi lebih berat sehingga konsumsi BBM menjadi lebih boros. Untuk menghemat penggunaan BBM seharusnya pengendara dapat membatasi atau meminimalkan penggunaan AC atau mengatur besar dari suhu AC sesuai kondisi.


3. Memastikan Tutup Tangki Terpasang dengan Benar dan Kencang

Sebagai pengendara pastinya sering melakukan pengisian bahan bakar. Setelah melakukan pengisian harus lebih memperhatikan penutup dari tutup tangki terlebih setelah melakukan pengisian bahan bakar. Mengutip Carsdirect, diperkirakan terdapat 147 juta galon gas yang hilang karena penguapan.

Baca juga
Harga BBM Shell Juga Turun, Ini Daftar Harga BBM Shell Terbaru 1 September 2022


4. Mengurangi Berat

Sebaiknya singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan dalam bagasi atau dalam mobil. Beban mobil dapat membuat tidak efisien mengurangi efisiensi bahan bakar dan karenanya mengurangi jarak tempuh juga. Berdasarkan Carsdirect, untuk setiap 45 kg di dalam kendaraan dapat penghematan bahan bakar mobil sekitar satu atau dua persen.


5. Gunakan BBM yang Tepat

Penggunaan BBM yang tepat juga dapat memengaruhi hemat atau tidak suatu BBM. Karena jika menggunakan BBM yang tepat maka sistem pembakaran dalam mesin menjadi lebih sempurna. Gunakan Pertamax atau Pertamax Turbo untuk kendaraan yang menggunakan bensin. Sedangkan untuk kendaraan diesel menggunakan Dexlite atau Pertamina Dex.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait