6 Manfaat Air Garam Untuk Sebagai Obat Sakit Gigi dan Mulut

  • Arry
  • 20 Sep 2022 20:41
Ilustrasi sakit gigi(ist/ist)

Air garam merupakan obat sakit gigi yang mujarab. Metode ini cukup ampuh dan tidak memiliki efek samping.

Meski demikian, para ahli menyatakan air garam bukanlah obat untuk sakit gigi. Khasiatnya hanya sebagai pereda nyeri saja.

Garam diketahui mengandung sejumlah bahan bersifat antibakteri. Hal inilah yang membuat dokter gigi terkadang merekomendasikan agar pasien kumur air garam hika sakit giginya dalam skala ringan.

Cara membuatnya pun mudah. Lebih disarankan menggunakan 236 ml atau segelas air hangat dan 1 sendok teh garam. Kemudian diaduk hingga garam larut.

Setelah itu, kumur air garam itu beberapa detik. Buang airnya, jangan ditelan. Dan untuk diperhatikan, larutan air garam ini sebaiknya hanya digunakan satu kali saja.

Melansir WDF Dental, berikut manfaat air garam yang biasa dijadikan obat sakit gigi:

1. Garam meningkatkan pH mulut

Kandingan air garam dapat meningkatkan pH di mulut. Hal ini menciptakan kondisi di mulut menjadi basa.

Bakteri penyebab sakit gigi dan masalah mulut biasanya lebih menyukai lingkungan yang asam. Sehingga bakteri akan sulit untuk bertahan hidup pada lingkungan basa.


2. Lebih aman digunakan

Garam merupakan bahan alami. Oleh sebab itu, larutan air garram tidak akan memicu iritasi selaput lendir seperti yang diakibatkan oleh beberapa jenis obat kumur berbahan kimia.


3. Mengurangi pembengkakan

Sifat air garam yang bisa menciptakan lingkungan basa di mulut juga bisa mengurangi peradangan di mulut. Sehingga kietika terjadi pembengkakan, maka kelembapan yang terjadi di mulut akan keluar dengan sendirinya.


4. Mempercepat proses penyembuhan

Air garam dapat dengan cepat membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Sehingga, ketika sudah tidak ada bakteri yang berkembang biak, maka akan mempercepat proses penyembuhan sakit.


5. Menjaga kesehatan tenggorokan

Air garam ternyata tak hanya bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tetapi juga bisa mengurangi radang tenggorokan.

Caranya yakni dengan melakukan gargling, air garam dapat membunuh bakteri di sekitar amandel dan tenggorokan.


6. Menjaga kesehatan gusi dan menenangkan gusi berdarah

Air garam ini juga bisa mengurangi iritasi pada area gusi. Selain itu, kandungan air garam ini juga bisa mencegah infeksi meluas ke bagian gusi lainnya.


Untuk diketahui, meskipun air garam ini bisa membantu mengurangi sakit gigi, bukan berarti sakit itu tidak lagi kambuh di kemudian hari.

Oleh sebab itu, setelah rasa sakit mereda, sebaiknya menghubungi dokter gigi untuk memeriksa akar masalah dari sakit tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait