BPOM Ungkap 11 produk Vitamin C Injeksi Pemutih Kulit Ilegal, Ini Daftarnya

  • Arry
  • 22 Sep 2022 12:55
Ilustrasi suntik Vitamin C(@diana_pole/unsplash)

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM menguak beredarnya vitamin C ilegal di pasaran. Produk-produk itu dijual secara bebas di lapak online.

"Saat ini masih ditemukan peredaran vitamin C injeksi ilegal (tanpa izin edar BPOM) dengan klaim untuk mencerahkan dan memutihkan kulit," kata BPOM dalam keterangan resminya, dikutip Kamis, 22 September 2022.

BPOM menyatakan, produk-produk tersebut bisa memicu risiko kesehatan karena tidak memiliki bukti ilmiah manfaat penggunaan.

"Tidak ada jaminan khasiat keamanan dan mutu produk. Meningkatkan risiko timbulnya efek samping obat," tulis BPOM.

"Meningkatkan risiko timbulnya infeksi apabila suntik vitamin C tidak dilakukan oleh tenaga kesehatan yang berwenang," lanjut BPOM.

Berikut 11 produk vitamin C ilegal versi BPOM:

  1. Bionic White Skin
  2. Neutro Skin
  3. Vitamin C + Kollagen (Rodotex)
  4. V-C Injection
  5. Vitamin C Daehan New Pharm
  6. White C
  7. Glutax
  8. Aqua Skin Veniscy
  9. Rio Rae Complezion 12
  10. RNA+EGF
  11. Miracle White Injeksi


Melansir Halodoc, berikut efek samping suntik vitamin C:

1. Diabetes

Menyuntikkan vitamin C ke dalam tubuh dapat membuat tekanan gula darah naik, sehingga menyebabkan diabetes. Vitamin C tersebut dapat meningkatkan glukosa darah di dalam tubuh. Sangat tidak disarankan untuk wanita yang memiliki penyakit diabetes, dan sebaiknya menjauhi perawatan kecantikan dengan suntik vitamin C. Suntikkan tersebut mengakibatkan gula darah tidak terkontrol dikarenakan dosis yang tinggi.

2. Menopause Dini

Suntikan vitamin C mempunyai tujuan untuk membuat kulit lebih cerah, tetapi dapat berdampak buruk untuk kedepannya meski memang dapat dengan cepat memberikan efek putih pada kulit. Biasanya menopause terjadi ketika wanita mulai masuk pada usia 50 tahun. Namun, zat cairan ini dapat membuat proses menopause menjadi lebih cepat. Mungkin saja pada usia 40 tahun sudah memasuki masa menopause.

3. Membebani Ginjal

Seseorang yang menyuntikkan vitamin C setara berlebihan akan membuat ginjal tidak bekerja secara optimal. Seseorang yang melakukan suntik vitamin C terlalu sering dapat membuat fungsi ginjal menurun dan dapat menyebabkan penyakit ginjal.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait