Manfaat Konsumsi Kopi Tiap Pagi Hari: Anti Stres Hingga Obat Diet

  • Arry
  • 27 Sep 2022 17:06
Ilustrasi kopi hitam(@michealcopley03/unsplash)

Mengonsumsi kopi ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Selain itu, minum kopi sebelum melakukan aktivitas rutin diyakini juga bisa menambah semangat kerja.

Berdasarkan penelitian, kafein yang terkandung pada kopi disebut bisa meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Selain itu, bisa juuga bisa membuat suasana hati tetap baik dan terhindar dari stres.

Melansir Halodoc, berikut manfaat minum kopi tiap pagi hari:

1. Anti Stres dan Depresi

Minum segelas kopi hitam tiap pagi hari bisa membantu seseorang dari stres dan depresi. Hal ini lantaran kopi memiliki kandungan antidepresan.

2. Menurunkan Risiko Alzheimer

Kandungan kafein dalam kopi hitam juga bisa menjaga kesehatan otak dan memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi karena proses penuaan. Maka dari itu, rutin minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson.

3. Menurunkan Berat Badan

Minum segelas kopi hitam tanpa gula atau creamer bisa ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena kafein juga bisa memacu metabolisme tubuh dan membantu proses pembakaran lemak. Semakin cepat proses pembakarran lemak, maka penurunan berat badan bisa dicapai.

4. Menurunkan Risiko Diabetes tipe 2

Kandungan kafein pada kopi ternyata juga bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Selain itu, kafein di dalam kopi juga bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Risiko kedua penyakit ini menurun karena ada kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait