Begini Suasana Mencekam di Kabin Lion Air yang Mesinnya Terbakar Saat Terbang

  • Arry
  • 27 Okt 2022 17:11
Mesin Lion Air terbakar saat mengudara(ist/ist)

Corporate Communication Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan pesawat JT330 telah dipersiapkan secara tepat dan sesuai operasional prosedur (SOP).

Saat itu pesawat mengangkut enam awak dan 129 penumpang.

Sebelum keberangkatan, pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (per flight check).

Pesawat lepas landas pada Rabu, 26 Oktober 2022 pukul 17.13 WIB.

"Setelah proses penanganan operasional, layanan penumpang dan kargo di darat selesai, Lion Air penerbangan JT-330 lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa 6 (enam) kru dan 169 tamu (penumpang)," kata Danang dalam keterangan tertulis.

"Fase mengudara berjalan normal. Pilot menjalankan pengoperasian pesawat berdasarkan prosedur. Pada ketinggian jelajah 3.000 kaki, pilot merasakan kinerja pada salah satu komponen mesin pesawat tidak sesuai dengan yang semestinya dan menunjukkan perlu segera dilakukan pengecekan," ujar dia.

Pesawat mendarat dengan normal dan sudah ditunggu tim pemadan kebakaran. Setelah mendarat, seluruh penumpang langsung diarahkan ke ruang tunggu.

Pihak Lion Air kemudian mengganti pesawat tersebut dengan pesawat lainnya. Pesawat pengganti terbang pada pukul 19.20 WIB.

"Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB," kata Danang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait