Benarkah Minum Air Kelapa Bisa Sehatkan Ginjal, Berikut Khasiatnya

  • Arry
  • 27 Okt 2022 18:44
Manfaat dan khasiat air kelapa(dianschuurkamp/unsplash)

Khasiat air kelapa sangat beragam. Salah satunya bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Air kelapa mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Selain itu, air kelapa juga dapat menyehatkan ginjal loh.

Melansir Halodoc, berdasarkan studi di National Library of Medicine – National Center for Biotechnology Information, terhadap seekor tikus yang mengidap penyakit ginjal, diketahui air kelapa mampu mencegah kristal menempel pada ginjal.

Selain itu, air kelapa ini juga bisa mencegah dan mengurangi jumlah kristal menempel di bagian lain dari saluran kemih.

Baca juga: Obat Mengandung Zat Etilen Glikol yang Diminum Anak Gangguan Ginjal Dibuat di RI

Peneliti percaya, air kelapa dapat membantu produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respons terhadap kadar oksalat yang tinggi dalam urine.

Meski demikian, penelitian itu baru studi pertama yang meneliti manfaat air kelapa pada batu ginjal. Perlu penelitian lanjutan untuk membuktikan kebenarannya.

Untuk diketahui. pada dasarnya dengan tercukupi kebutuhan cairan tubuh, adalah salah satu cara efektif untuk mencegah batu ginjal.

Batu ginjal sendiri terbentuk saat kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung membentuk kristal atau batu di dalam ginjal. Batu tersebut bisa bergerak di dalam ginjal atau masuk ke ureter.

Baca juga: Kemenkes Izinkan 168 Obat Sirup Ini Kembali Dikonsumsi

Meski demikian, manfaat air kelapa tak hanya untuk batu ginjal saja. Namun juga memiliki manfaat lain seperti mengontrol tekanan darah.

Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa 71 persen subjek yang mengalami tekanan darah mengalami perbaikan tekanan darah sistolik.

Selain itu, air kelapa mengandung 600 mg potasium dalam 240 ml. Nah, kalium telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait