Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Islam: Benarkah Tanda Kesialan?

  • Arry
  • 10 Des 2022 04:14
Ilustrasi Ular(Counselling/pixabay)

Mimpi adalah bunga tidur. Tak semua orang bisa mengingat apa yang dia mimpikan setelah bangun dari tidur.

Isi mimpi bisa beragam. Mulai mimpi bahagia hingga mimpi buruk. Setiap orang tentu tidak ingin apa yang terjadi di alam mimpi terjadi di dunia nyata.

Nabi Muhammad SAW mengklasifikasikan jenis mimpi menjadi tiga bagian. 

Artinya: “Mimpi itu ada tiga. Mimpi baik yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi karena bawaan pikiran seseorang (ketika terjaga), dan mimpi menyedihkan yang datang dari setan. Jika kalian mimpi sesuatu yang tak kalian senangi, maka jangan kalian ceritakan pada siapa pun, berdirilah dan shalatlah!” (HR Muslim). 

Namun kini mimpi bisa melahirkan disiplin ilmu yakni tafsir mimpi. Kemudian dikenal pula cabang ilmu pengetahuan Oneirologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang mimpi.

Salah satu yang banyak dicari adalah tafsir mimpi digigit ular.

Mengutip NU Online, berdasarkan kitab Qawaid Tafsir al-Ahlam, Abu Al-Abbas Ahmad bin Sulthan menyatakan, mimpi digigit ular termasuk mimpi yang buruk secara lahir dan batin.

Hal ini karena digigit ular merupakan sesuatu hal yang tidak diinginkan dan bentuk kesialan. Digigit ular bisa juga merupakan petanda datangnya kesusahan dan gangguan pada seseorang (batin).

Menurut Ibnu Sirin dalam Tafsir al-Ahlam, ular dalam mimpi identik dengan musuh. Semakin bahaya ular yang ada di dalam mimpi, maka musuh yang akan dihadapi juga semakin berbahaya.

Ibnu Sirin juga menjelaskan, jika di dalam mimpi melakukan penyerangan terhadap ular, maka musuh tersebut akan diserang oleh orang yang mengalami mimpi tersebut. Dan bila di dalam mimpi mampu membunuh ular tersebut, berarti dia akan menang mleawan musuhnya.

Sementara itu Syekh Abu Bakar Muhammad bin ‘Umar al-Ihsani dalam Jami’ Tafsir al-Ahlam mengkategorikan jenis musuh dalam tafsir mimpi. Menurutnya, letak ular dalam mimpi juga bisa menentukan jenis mush.

Jika ular berada di dalam rumah, berarti musuhnya adalah orang kerabat dekat sendiri. Apabila ular berada di kamar pribadi atau kasur, berarti musuhnya istrinya sendiri. Apabila ularnya di luar rumah, berarti musuhnya bukan dari kalangan keluarganya.

Wallahu’alam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait