Doa Rasulullah SAW Saat Hujan Badai dan Ekstrem

  • Arry
  • 29 Des 2022 04:19
Ilustrasi hujan badai(ist/pixabay.com)

Cuaca ekstrem melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada akhir Desember 2022 hingga awal 2023. Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika alias BMKG telah memberikan peringatan.

BRIN menyatakan hujan ekstrem dan badai bisa terjadi pada akhir Desember 2022. Hal tersebut bisa menimbulkan banjir besar, khususnya di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi alias Jabodetabek.

BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem di penghujung 2022.

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto.

Terkait prakiraan soal cuaca ekstrem hingga badai, Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa saat terjadinya badah dan hujan ekstrem. Tujuannya, agar kita selamat dari bencana yang diakibatkan dua hal tersebut.

Saat terjadinya hujan besar dan cuaca ekstrem, Rasulullah SAW berdoa:

"Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami, wal jibali, wal ajami, wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitis syajari." 

Artinya: ”Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR Bukhari Muslim) 

Sementara itu, saat terjadi bencana besar seperti badai, angin puting beliung, gempa, hujan lebat, atau bencana lainnya, Rasulullah SAW mengajarkan agar kita meminta perlindungan dari Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW biasanya berdoa:

Allahumma innii as’aluka khairahaa, wa khaira maa fiihaa wa khaira maa arsalta bih, wa a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa syarri maa ursilat bih. 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” (HR Muslim)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait