5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Saat Wisata ke Cirebon, Ada yang Berdiri 54 Tahun

  • Arry
  • 6 Jan 2023 11:39
Kuliner khas Cirebon Nasi Jamblang(ist/istimewa)

Kota Cirebon, Jawa Barat, dikenal sebagai tempat wisata sejarah dan budaya. Namun, wisata kuliner di Cirebon tak kalah dengan tempat lainnya.

Cirebon memiliki ragam kuliner legendaris yang unik dan nikmatnya bikin lidah ketagihan. Kuliner dari kota berjuluk Kota Udang ini bahkan sudah digemari di sejumlah daerah.

Penasaran kuliner apa saja yang ada di Kota CIrebon, berikut rekomendasinya:

1. Nasi Jamblang Ibu Nur

Ke Cirebon tidak sah jika tidak mencicipi nasi jamblang. Kuliner ini merupakan makanan khas asal Kota Udang ini. Keunikan dari kuliner ini adalah penyajiannya yang dilakukan di atas daun jati sebagai alas dan pembungkus.

Pada masa kolonial, nasi jamblang dikenal sebagai nasi sedekah buruh. Adalah Haji Abdul Latief dan Nyonya Tan Piaw Lung (Mbah Pulung) yang memiliki ide membungkus nasi lengkap dengan lauk pauknya dengan menggunakan daun jati. Nasi bungkus itu kemudian dibagikan kepada para pribumi yang menjadi buruh proyek Pabrik Gula Gempol tahun 1847 dan Pabrik Spirtus tahun 1883.

Salah satu nasi jamblang yang terkenal adalah Nasi Jamblang Ibu Nur. Lokasinya ada di Jalan Cangkring, Cirebong.

Lauk yang disajikan beragam seperti ayam, otak sapi, kentang, telur asin, dan ikan yang harganya bervariasi hingga Rp 20.000.

2. Empal Gentong Haji Apud

Kuliner khas Cirebon Empal Gentong

Selain nasi jamblang, kuliner legendaris Cirebon lainnya adalah Empal Gentong Haji Apud. Lokasinya ada di Jaalan Ir H Juanda No 24 Battembat, Cirebon. Tempat makan ini buka pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Kuliner ini menyakikan makanan berbahan daging sapi empuk yang disajikan dengan kuah berbumbu rempah. Namun, untuk makan di Empal Gentong Haji Apud, pengunjung harus siap mengantre.

3. Tahu Gejrot Mang Wardi

Kuliner khas Cirebon tahu gejrot

Tahu gejrot merupakan salah satu kuliner khas Kota Cirebon. Makanan ini berbahan dasar tahu yang disiram dengan kuah gula merah dengan bumbu bawang dan cabai.

Kuliner ini mudai ditemukan hampir di setiap pojok kota. Namun, salah satu yang terkenal dan paling legendaris adalah Tahu Gejrot Mang Wardiyang terletak di pertigaan Pecinan, Pasar Kanoman, Cirebon.

Tahu Gejrot Mang Wardi sudah ada sejak 1972. Harganya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000 untuk porsi oleh-oleh.

4. Nasi Lengko Haji Barno

Nasi Lengko juga merupakan salah satu kuliner legendaris khas Cirebon. Salah satu yang paling diburu adalah Nasi Lengko Haji Barno yang terletak di Jalan Pagongan No. 15 B, Cirebon.

Nasi Lengko Haji Barno ini sudah ada sejak 1968 dan menyajikan menu berisi nasi, potongan tahu, tauge, mentimun, bawang goreng dan siraman bumbu kacang yang bikin lidah ketagihan, dibanderol seharga Rp 20.000.

5. Mi Koclok Abah Gaul

Mi koclok merupakan kulier berbaan mie yang diberi kuah kental terbuat dari santan kelapa dan isiannya berupa suwiran ayam, potongan telur, tauge, kol, dan daun bawang.

Salah satu yang paling diburu adalah Mi Koclok Abah Gaul yang berlokasi di Jalan Pekalipan Nomor 99, Cirebon. Tempat makan ini buka mulai pukul 18.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Demikian 5 rekomendasi kuliner legendaris Cirebon. Selamat mencicipi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait