6 Cara Mudah Menanam Cabai Agar Cepat Berbuah

  • Arry
  • 5 Feb 2023 12:42
Tanaman cabai(@ablokin/unsplash)

Cara menanam cabai agar cepat berbuah tidak sulit. Bahkan bisa dilakukan di media pot atau tanam di lahan.

Cabai adalah buah yang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Rasanya pedas dan biasa dipakai sebagai bahan masakan atau pula diolah menjadi kuliner tersendiri.

Untuk menanam cabai, sangat mudah. Namun, perlu memperhatikan sejumlah hal agar tanaman cabai cepat tumbuh dan cepat berbuah.

Melansir laman Ketahanan Pangan Kota Semarang, berikut tahapan yang harus dilakukan saat menanam cabai di rumah:

1. Pilih Benih cabai Berkualitas

Hal pertama yang harus kita perhatikan dalam cara menanam cabai agar cepat berbuah yaitu dengan memilih benih cabai yang berkualitas baik. Hal ini bisa dilakukan dengan membeli di toko atau langsung pada petai cabai.

Jika ingin mendapatkan benih cabai dari cara mengambil dari buahnya, pastikan cabai berasal dari induk yang berkwalitas berdaun lebat dan berbuah lebat, apabila memasuki fase berbuah, petiklah bagian buah cabai yang benar benar telah tua serta kulit bagian luarnya nampak merah mengkilat. Jangan ambil dari buah cabai yang sudah busuk.

Baca juga
Resep Cumi Cabai Hijau Ala Chef Devina, Anti Alot dan Bikin Nagih


2. Keluarkan Biji cabai dari Buahnya

Buatlah sayatan pada buah cabai tersebut menjadi dua bagian, lakukanlah dengan hati-hati karena selain bisa melukai tangan anda, sayatan yang salah bisa juga melukai biji cabai yang hendak digunakan sebagai bibit . Jika sudah, keluarkanlah biji cabai yang terdapat di bagain dalamnya. Pilihlah biji-biji yang berada di tengah karena itulah biji terbaik dibanding yang berada di kedua ujungnya.


3. Jemur Biji cabai

Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menjemur biji cabai tersebut di bawah sinar matahari, pastikan untuk menjadikan biji cabai tersebut berada dalam kondisi kering dengan cara diangin-anginkan. Kita dapat menggunakan nampan atau tampah untuk proses tersebut.

Baca juga
Resep Nasi Goreng Cabai Hijau Solaria Ala Chef Devina, Nikmat Menggugah Selera


4. Seleksi Biji cabai

Sebelum melakukan proses semai pada bibit cabai, kita seleksi untuk memilih bibit cabai berkualitas dengan daya tumbuh terbaik dan memisahkannnya dengan biji cabai yang tidak cocok digunakan sebagai bibit. Caranya, masukkan biji-biji cabai pada larutan nutrisi atau air mineral biasa, diamkan selama satu malam dan lihat keesokan harinya.

Biji-biji cabai yang tenggelam dapat kita gunakan sebagai bahan bibit tanaman, sedangkan biji yang mengapung sudah dapat dipastikan tidak dapat kita pakai sebagai bibit karena itu biji kopong (kosong).

Selanjutnya >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait