6 Cara Mudah Menanam Cabai Agar Cepat Berbuah

  • Arry
  • 5 Feb 2023 12:42
Tanaman cabai(@ablokin/unsplash)

5. Mulai Penyemaian

Jika sudah mendapatkan benih cabai yang bagus maka kita bisa memulai untuk melakukan penyemaian terlebih dahulu untuk mendapatkan bibit cabai yang berkualitas pula. Adapun cara cepat agar bibit cabaicepat bertunas yaitu dengan menggunakan media semai berupa tanah yang telah dicampur dengan sekam dan pupuk kandang. Adapun perbandingannya yaitu 2: 1: 1.

Taburkan benih di atas media tanam dan tutup tipis dengan tanah campuran hingga benar benar tertutup. Letakkan di ruangan yang memiliki penyinaran kurang dan tutuplah permukaan media semai dengan kain hitam yang memiliki pori- pori besar.

Kurang lebih sekitar 3 hingga 5 hari tunas pada benih sudah muncul dan tunggulah hingga tunas mencapai ketinggian sekitar 5 hingga 10 cm untuk bisa dipindahkan ke media tanam.


6. Pindahkan ke Media Tanam

Agar cabai yang kita tanam cepat berbuah maka kita bisa memilih dua media tanam yaitu, pertama media tanam pot dan yang kedua dengan cara hidroponik. Namun akan lebih baik jika anda menanam cabai di dalam pot karena akan lebih panjang umur.

Agar buah cabai cepat berbuah, berikut cara mengolahnya:

  • Pertama campurkan pupuk, sekam, dan tanah humus dengan perbandingan 2: 1: 3. Sangat penting untuk memilih jenis pupuk berkualitas terbaik.
  • Akan lebih baik jika kita menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang ataupun pupuk humus. Selain lebih alami, ini juga lebih aman bagi lingkungan dan tidak akan mengubah tekstur tanah.
  • Semprotkan sedikit air dengan spray terlebih dahulu hingga tanah memiliki sedikit kelembapan.
  • Setelah itu masukkan tanah ke dalam pot dengan diameter 25 hingga 30cm.
  • Buatlah lubang tanam pada setiap pot dan hanya bisa menanam satu bibit cabai saja pada setiap pot.
  • Pisahkan bibit cabai yang sudah mencapai ketinggian 5 hingga 10cm pada media semai secara perlahaan dan jangan sampai akarnya rusak.
  • Buatlah lubang tanam dengan diameter 5 cm dan kedalaman 5 cm pada media tanam, lalu masukkan bibit cabai.
  • Setelah itu tutup lubang tanam dan jangan lupa untuk sedikit memadatkannya agar bibit dapat berdiri dengan kokoh.


7. Mulai Perawatan Tanaman cabai

Hal terpenting dalam cara menanam cabai agar cepat berbuah yaitu dengan melakukan perawatan yang tepat. Ini sangatlah penting dan harus anda ketahui karena hasil panen tergantung pada proses perawatan yang anda lakukan. Semakin baik proses merawatnya maka semakin baik dan cepat pula anda bisa memanen cabai.

Untuk memanen cabai kita bisa melakukannya dengan memotong batang cabai menggunakan tangan ataupun alat gunting. Hindari memanen dengan mencabut buah cabai karena dapat merusak tekstur tanaman sehingga akan sulit dipanen lagi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait