Harga Lebih Murah, Ikan Kembung Ternyata Lebih Kaya Vitamin dari Salmon

  • Arry
  • 18 Mar 2023 12:59
Ikan kembung(kkp/kkp.go.id)

Ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain harganya murah, gizinya ternyata juga sangat tinggi.

Tak heran jika ikan ini menjadi primadona. Bahkan artis seperti Sandra Dewi pun mengonsumsi ikan kembung. Dia memilih makan ikan kembung dibanding ikan salmon yang juga memiliki kandungan gizi tinggi.

Harga pasaran ikan kembung berkisar Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per kilogram. Tergantung ukuran ikan.

Sementara ikan salmon sulit dicari di pasar tradisional. Harganya pun relatif mahal, berkisar Rp 100.000 hingga Rp 600.000 per kilogramnya. Hal ini tergantung grade dari ikan salmon tersebut.

Ikan kembung ini merupakan ikan laut yang masuk dalam genus rastrelliger, famili Scombridae. Ikan ini masih dalam satu famili dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang, dan makerel.

Baca juga
Resep Salmon Mentai Khas Jepang Ala Chef Fani Juara MasterChef Indonesia

Melansir dari berbagai sumber berikut keunggulan ikan kembung dibanding ikan salmon:

1. Kaya omega-3

Ikan salmon memang dikenal sebagai ikan yang memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi. Namun, kandungan Omega-3 pada ikan kembung lebih tinggi dibanding ikan salmon.

Bahkan Pengurus Dewan Pusat Perwakilan Persatuan Ahli Gizi (DPP Persagi) Triyani Kresnawan menyarankan masyarakat tidak perlu untuk mencari ikan salmon untuk mendapatkan nutrisi Omega-3.

Untuk diketahui asam lemak Omega-3 ini memiliki banyak manfaat dalam kesehatan. Seperti menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan dan fungsi otak, memelihara kesehatan mata, menguatkan tulang dan sendi, hingga memperkuat daya tahan tubuh.

    Keunggulan ikan kembung dibanding ikan salmon

2. Kaya vitamin A dan D

Selain Omega-3, ikan kembung juga kaya akan vitamin A dan D. Vitamin A ini bisa membantu menjaga kesehatan mata. Sementara vitamin D membantu meningkatkan absorsi kalsium sehingga dapat memelihara pembentukan tulang di tubuh.

Ikan kembung juga memiliki mineral selenium, yakni mineral yang dapat membantu melindungi sel melawan radikal bebas.

3. Lebih sehat dan segar

Ikan kembung yang biasa dijual di Indonesia biasanya lebih segar. Karena tempat pembudidayaannya masih berada di Indonesia. Sementara ikan salmon harus diimpor terlebih dahulu, sehingga untuk sampai di tangan konsumen butuh waktu yang lama.

Artikel lainnya: Doa Ziarah Kubur Lengkap: Urutan Bacaan dengan Latin dan Artinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait