Kisah Asep, Pemuda Asal Lebak Terpilih Menjadi Imam Besar Masjid di Dubai

  • Arry
  • 16 Apr 2023 16:03
Asep Ismatullah, pemuda asal Lebak Banten menjadi Imam Besar Masjid di Dubai(@shjquran/instagram)

Nama Asep Ismatullah tengah menjadi perbincangan warganet. Pemuda asal Lebak itu membuat kagum netizen karena terpilih menjadi imam besar di Masjid Al-Akhyar, Dubai, Uni Emirat Arab.

Video Asep Ismatullah itu viral di sejumlah akun media sosial. Asep merupakan warga Kampung Panyandungan, Kecamatan Maja, Lebak, Banten. Dia adalah anak kelima dari tujuh bersaudara.

Kakak Asep, Abdul Basit, mengungkapkan, adiknya sudah hampir enam tahun menjadi imam besar di Masjid di Dubai tersebut. Menurutnya, terpilihnya Asep karena proses yang tidak sengaja.

"Awalnya gak sengaja, saya ada panggilan ngaji ke Jakarta. Di situ saya dan Asep mendapatkan informasi ada tes menjadi imam di Dubai," kata Abdul Basit seperti dilansir kanal YouTube TribunNews.

Asep kemudian menjalani serangkaian seleksi. Hingga dia akhirnya lolos dan diterbangkan ke Dubai untuk menjalani tahapan seleksi selanjutnya pada 2017.

Abdul Basit mengungkapkan, Asep harus bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang berasal dari Indonesia dan negara lain.

Seleksi yang harus dilakukan Asep tidak mudah. Salah satu syaratnya adalah harus hafal Al-Qur'an 30 juz. Selain itu calon imam juga harus lancar hafalannya termasuk menguasai bahasa Arab.

Asep berhasil melalui rangkaian tes yang dijalani. Dan satu pekan kemudian, Asep bersama 20 orang lainnya terpilih menjadi imam di Dubai.

"Waktu dinyatakan lulus, kita keluarga sangat bangga. Gak nyangka gak bisa prediksi awalnya kita iseng-iseng aja," katanya.

"Bangga jelas bangga, tapi kami maunya ya biasa-biasa saja (jangan viral). Takut nanti kena penyakit ain," ucap ibu Asep, Mamnu'ah.

Artikel lainnya: Yudo Andreawan Ditangkap Polisi, Ini Daftar 17 Ulah Pembuat Onar di Stasiun Manggarai

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait