Kulit Leher Menghitam Bukan Melulu Gegara Daki, Waspada Idap Penyakit Berbahaya Ini

  • Arry
  • 27 Apr 2023 17:14
Waspada leher menghitam, bukan karena kotoran daki tapi bisa jadi mengidap penyakit berbahaya(ist/ist)

Kita kadang melihat seseorang memiliki kulit leher yang gelap. Namun, jangan salah sangka, leher hitam itu bukan melulu gegara kotoran daki. Namun bisa jadi orang tersebut mengidap penyakit berbahaya.

Kulit leher yang menghitam memang tak sedap dipandang mata. Bahkan kerap memicu tudingan seseorang yang jarang mandi yang mengakibatkan daki menumpuk.

Padahal leher hitam itu bisa menjadi tanda seseorang mengidap penyakit berbahaya. Melansir sejumlah sumber, berikut penyebab kulit leher hitam:

  • Genetik

Kulit leher hitam bisa disebabkan karena kelainan genetik yang disebut Acanthosis Nigricans. Kondisi ini ditandai dengan terjadinya hiperpigmentasi kulit leher menjadi lebih gelap karena diwariskan oleh orangtua kepada anak.

  • Obesitas

Orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas terkadang mengalami gangguan endokrin pada leher dan ketiak. Hal ini menyebabkan bagian-bagian tubuh tersebut menghitam.

  • Resistensi insulin

Leher hitam juga bisa menjadi tanda terlalu banyak kadar insulin dalam darah. Hal ini memicu tingginya gula darah dalam tubuh sebagai tanda penyakit diabetes.

  • Polycystic ovary syndrome (PCOS)

Polycystic ovary syndrome atau PCOS adalah suatu kondisi di mana ovarium menghasilkan jumlah androgen, hormon seks pria, yang tidak normal pada tubuh wanita. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan bercak kulit menghitam di bagian belakang leher, lengan, hingga selangkangan.

  • Diabetes

Kulit menghitam di leher juga merupakan tanda pradiabetes. Segera periksa kesehatan agar mendapatkan penanganan dari dokter sebelum terlambat.

  • Hipotiroidisme

Kondisi leher menghitam bisa juga disebabkan adanya gangguan tiroid atau kenaikan berat badan.

  • Lichen planus pigmentosus

Lichen planus pigmentosus atau LPP merupakan kondisi kelainan pigmentasi kronis yang menunjukkan gejala tertentu pada area yang terpapar sinar matahari. Kondisi ini bisa terlihat di bagian wajah, leher, dan lipatan lentur lainnya termasuk memunculkan tampilan kehitaman.

Artikel lainnya: Malaysia Juga Tarik Indomie Rasa Ayam Spesial Usai Temuan Zat Pemicu Kanker

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait